Toko Buku Dalam Perjalanan

bagian rak samping. cukup terlihat beberapa tv yang mereka sebut "antik"

Pernah gak sih, terlintas kalau sedang jalan-jalan teringat ingin ke toko buku di daerah yang dikunjungi?, kalau saya ya of course not, pastilah kita cuma mau senang-senang eksplore sana sini, dan foto sana sini. Except, sudah disusun rencana sebelumnya.

Seperti saya yang (masih) punya cita-cita keliling dunia, dengan tujuan tertentu seperti kalau ke luar negri setidaknya ada itinirary atau bucket list mengunjungi masjid atau museum dan toko buku di negara/daerah tersebut. Hal ini disengaja karna saya yang yang gemar menumpuk buku, sangat bahagia melihat tumpukan buku berjejer rapi di rak-rak buku misalnya, walau tak membelinya. Lalu kenapa toko buku? paling tidak agar kita tahu apa isi kepala masyarakat negara tersebut. Meskipun going abroad saya baru berhasil ke 2 negara tetangga tapi minimal ada kenangan "somethings happen when i visit the book store",  and here it this the story.

Toko buku di Singapore. 

Perdana saya kunjungi negara maju nan kecil ini karna sudah saya masukkan ke travel list bahwa toko buku dan perpustakaan nya "must visit".

1. Booksactually

Berlokasi di daerah Tiong Bharu, Singapore. Lokasi ini bisa di akses dengan MRT dan juga kendaraan umum lainnya. Bangunan berada di deretan permukiman masyarakat, ada beberapa toko dalam 1 gedung bertingkat, nama tokonya digantung di pintu kaca toko buku tersebut, pukul 10 pagi toko ini sudah lumayan ramai. Waktu saya datang ke situ, pegawai toko lumayan ramah, banyak buku bacaan yang dominan berbahasa inggris, ia mempersilahkan saya untuk memilih buku, kalau saya lihat rata-rata harga buku seperti novel itu berkisar 10-20sgd. Tokonya cukup padat, ada juga barang-barang antik yang dipajang untuk dijual ke kolektor, seperti tivi dan pecah belah, sebenarya kalau di negara kita ya masih banyak yang pakai, belum dikategorikan antik hehe.

mesin otomatis untuk membeli notebook, berada di depan toko Booksactually

di dalam toko dengan lampu yang cukup terang



beberapa koleksi album atau komik dan poster

barang pecah belah yang dijual di sudut toko

detail gelas untuk barang koleksi


2. Woods in the books

Kalau yang ini favorit saya, surganya para ibu pencinta buku yang ingin menularkan budaya baca ke anak-anaknya, saya pun bercita-cita membawa Oza ke sini, ah entahlah pandemi belum usai. Anyway, toko buku anak-anak ini pas sekali bersebelahan dengan toko buku yang di poin 1.  Begitu saya memasuki halaman toko nya saja, sudah terlihat playful sekali, nama tokonya ditulis di dinding, banyak barang craft yang ditujukan untuk bermain dan belajar anak, saya pikir belum ada toko buku khusus anak yang seperti ini di Medan. saya juga merasa balik seperti anak-anak yang datang dengan ibu dan minta dibelikan buku bacaan favorit saya, pengelola tempat ini pasti tidak main-main dengan konsep tokonya. tidak hanya menjual buku dan para penunjang belajar anak tapi ada juga ruangan khusus untuk kreatifitas anak-anak, seperti kelas-kelas interaktif, reading session, melukis, membuat craft dan kegiatan positif lainnya, waaaa senang sekaliiii rasanya bila bisa berkunjung ke sini lagi. 

halaman toko

di bawah jendela toko bagian dalam

coretan dinding yang keren dan poster info kegiatan dari atau di luar toko tersebut

ruangan edukasi untuk kegiatan toko ini


Preview perjalanan ke dua toko ini pun bisa dibaca di postingan berikut, ke Singapura kejar sunrise sampai kaki bengkak

3. Orchad Library

Ini bukan termasuk toko buku ya, tapi perpustakaan umum di salah satu mall daerah Orchad road, Singapore. waktu saya kesana itu hari sabtu, jadi semua warga dan turis tumpah ruah di lokasi padat tourism spot. saya memang sudah membuat daftar tempat ini harus dikunjungi maka saya mencari cara agar bisa kesana. Okeh perpustakaan keren ini lengkapnya sudah saya ulas di postingan Hidden Paradise di Orchad. 

Toko Buku di Ipoh, Malaysia

1. Bookxcess 

Lokasi toko buku ini berada di Lorong Panglima, masih satu lorong dengan kafe yang terkenal di Ipoh, yaitu Plan B. Satu kawasan di kota tua Ipoh yang memang sering dilalui oleh banyak pelancong dengan berjalan kaki. Waktu itu saya tidak masuk ke dalam toko dikarenakan sudah sangat lelah jadi saya hanya ambil foto  depan dan sekitar toko buku itu saja.

pintu masuk toko

lorong panglima, Ipoh

dinding sebelah pintu masuk toko

Adapun dengan melewati kawasan ini saja kita sudah menikmati asri-nya lokasi tersebut dikarenakan banyak pohon tua yang rindang serta udara yang sejuk.

2. New Century Bookstore

Toko buku ini seperti toko buku umum yang juga menjual peralatan alat tulis dan juga buku-buku pelajaran sekolah. Tapi saya tertarik untuk masuk sekedar melihat bagaimana bahasa melayu dalam pelajaran mereka, serta pajangan yang tak biasa pada etalase tokonya.


ini salah satu sisi kaca pintu masuk toko. coba deh baca judul buku yang dipajang ini

Cerita lengkap di Ipoh boleh dilihat postingan Ipoh kota tua

Toko Buku di Kuala lumpur, KLCC Suria Malaysia

1. Kinokuniya Bookstore

Berhubung waktu ke KL 2017 silam perjalanan masih hedon, menyusuri KL hanya mall to mall di kawasan starhill alias bukit bintang. Tapi sempat singgah ke toko buku ini, kalau tak salah di ibukota Jakarta sudah ada toko buku ini tapi tetap ya dalam mall juga. Dan tak sempat berfoto waktu itu, silahkan gugel saja penampakan seperti apa.

2. Typo

Toko ini bukan toko buku bacaan melainkan toko buku agenda dan alat tulis yang harganya lumayan, dan beruntung di kota Medan, toko Typo ini sudah hadir di mall terbaru tepat di tengah kota. Barang-barangnya cukup berkualitas serta limited. Kalau membandingkan harga di KL dengan rupiah ternyata sama saja, tidak ada yang lebih dari keduanya. jadi kalau mau windows shoping ke toko ini datang saja ke Delipark Podomoro mall lantai 2.

Itulah pengalaman saya berjalan mendatangi berbagai toko buku dan masih singgah/mampir, dari semua toko itu tak satupun saya membelinya haha maklum belum berniat. Mudah-mudahan saya bisa mendatangai lebih banyak lagi toko buku yang ada di negara lain. Baiklah sekian dulu cerita saya.

Next, daftar mesjid yang saya kunjungi selama jalan-jalan ya. see you.

NB: Tulisan ini dibuat untuk mengenang masa-masa indah sewaktu traveling sebelum pandemi menyerang.
Toko Buku Dalam Perjalanan Toko Buku Dalam Perjalanan Reviewed by Ceritajalan.com on Juni 18, 2021 Rating: 5

19 komentar:

  1. Wah menarik semua ya Eci,, toko-toko buku yg disinggahi saat berjalan ke lue negeri. Btw tokbuk yg di Orchad itu hype bangeet.. semoga suatu saat nanti pun bs ngajak 4r dan ayahnya ke sana. Amin

    BalasHapus
  2. Saya gak kepikiran kunjungi toko buku kl jalan jalan hahaha
    Tp museum iya kadang ada. Salut kak, jd terinapirasi juga tar kl bisa jalan2 keluar negri, pergi ke toko buku juga hehe

    BalasHapus
  3. Asyik banget kak, bisa mengunjungi berbagai toko buku saat liburan ke luar negeri. Tenyata toko buku di sana unik-unik ya kak.

    BalasHapus
  4. Itu baru toko bukunya ya kak. belum lagi yang keren library nya. Haduh library kota kita bakalan jauh banget deh..

    BalasHapus
  5. Aku pecinta buku banget mba. Sampe di rumah aku bela2in bikin perpustakaan pribadi hanya utk koleksi buku2ku.

    Naah tapi kalo ke LN, aku jujurnya hanya mendatangi toko buku yg mana bukunya bisa aku baca. Jadi pas ke Korsel , jepang, Bulgaria, Turki dan negara2 yg bahasanya akubga ngerti, apalagi tulisan aksaranya beda Ama hurup yg kita pake, aku ga bakal datangin toko bukunya hahahha. Percuma Krn aku ga ngerti.

    Tapi kalo negara2 yg bahasanya pake BHS Inggris ATO Melayu, akubpasti datangin. Even pas ke Korea Utara toko bukunya LBH variatif Krn pake BHS Inggris. JD aku sempet beli buku tuh di Korut. Sementara yg di Korsel rata2 pake aksara Korsel, JD percuma mau beli juga ga ngerti.

    Tapi toko fav ku di Malaysia, popular bookstore. Biasanya ada di mall. Ini komplit sih, dan senengnya buku BHS Inggris murah2 bangettttt dibanding Indonesia yaa.

    Dulu Krn aku pernah kuliah di Penang jadinya aku srg mampir ke toko buku popular ini. Makanya tiap ke Malaysia aku pasti mampir ke sana, beli buku2 Melayu dan BHS Inggris. Buku Melayu Krn aku pengen ttp fasih dgn istilah2 Malaysia yg kdg aneh di kita :D. Dulu awal kuliah aku sempet bingung denger org Penang ini ngomong, cepet banget. Makanya belajar dr novel Melayu supaya paham istilah2 slank nya

    BalasHapus
  6. coba aja tokonya ada di tempat saya, udh kesana aja setiap hari baca buku atau menulis blog :') keren kak..

    BalasHapus
  7. Baru tahu saya toko-toko buku itu. Kalau pas di Harbourfront, paling lihat-lihat buku di tobuk yang ada di pelabuhan itu. Gitu aja mata sudah blink-blink. Pas baca artikel ini, ya ampun, jadi mupeng. Btw, itu buku yang judulnya Indomee, penulisnya orang Singapur kah?

    BalasHapus
  8. Wohooo, buat pecinta buku, ini SURGA DUNIA bangettt Kak.
    Jadi rindu traveling euyyy
    menyesap aroma buku tuh super FUN!

    BalasHapus
  9. Moga suatu saat bisa berkunjung ke Singapura n Malaysia biar bisa ikutan mampir ke toko-toko buku di atas, yang di Booksactually banyak juga ya buku berbahasa inggrisnya

    BalasHapus
  10. Menarik kak, nah kalau aku kadang juga masukin list yang harus dikunjungi adalah "universitas" gak tau ya kenapa, mungkin biar beda aja dari para traveler yang lain. Jadi waktu jalan-jalan ke singapur beberapa waktu lalu saya sempat mengunjungi beberapa sekolah tinggi/universitas. Gedungnya unik2 dan itu sebabnya saya gak pernah travel pake agen travel biar bisa explore dengan bebas sendiri.

    BalasHapus
  11. Senangnya kalau toko buku di luar negeri itu acapkali homey gitu...jadi betah buat baca. Juga beli ga beli biasa aja, gapapa dan ga diketusin
    selama dua tahun pernah tinggal di Amerika aku sering nemu toko buku yang bikin nyaman pengunjungnya. Suamiku dulu karena statusnya kuliah kalau ga ke library ke bookstore nongkrongnya dan itu menyenangkan tempatnya

    BalasHapus
  12. Wah, cakep2 amat ya toko buku di luar negeri. Padahal ga selalu besar dan mentereng, tapi kelihatan cozy banget deh dan kayaknya unik, lengkap koleksinya. Kapan2 kalau pergi ke Singapura, Malaysia dll kepengen ah masuk ke tokbuknya dan belanja juga :D

    BalasHapus
  13. aku juga suka mengunjungi toko buku setempat kalo lagi traveling, seru sih jadi tau tren buku yang beredar di sana

    BalasHapus
  14. Waaaa aku kok mupeng banget baca artikel ini ya
    Serasa jelajah perpustakaan di berbagai tempat
    Buat para pecinta buku, pastinya ini menyenangkan sekali

    BalasHapus
  15. Toko-toko buku kecil begini ya yang sering jadi setting novel romance hehe ngangenin memang, aku tertarik lihat Woods in The Book, homey banget ya bikin anak-anak dan emaknya betah..

    BalasHapus
  16. Konsep toko bukunya unik-unik sekali, semoga suatu saat bisa berkunjung juga ke sana sama keluarga, terutama anak saya ini kalau dibawa ke toko buku suka banget cari-cari buku yang sampulnya didominasi warna pink

    BalasHapus
  17. Pasti senang sekali jalan jalan sambil belanja buku deh ini.
    Jadi pengen juga ke Singapore karena banyak librarry dengan desain interior memukau di sana sebagai negara tetangga

    BalasHapus
  18. Aduh saya jadi sakau traveling nih Kak pengin berkunjung ke toko buku. Aku senang juga baca-baca dan menikmati suasana bookstore di berbagai kota walaupun ga harus beli akhirnya hehe. Terakhir ke toko buku impor di Bandung eh sekarang udah tutup akibat wabah Corona. Sungguh sedih. Kalau toko buku luar negeri belum pernah saya kunjungi. Cuma pernah dibelikan istri kamus bahasa Mandarin waktu dia pergi ke Singapura. Moga-moga nanti bisa ke sana.

    BalasHapus
  19. Selama jalan-jalan saya tak pernah mengunjungi toko buku paling cuma obyek wisata aja tapi toko-toko buku di atas sepertinya sangat menarik untuk dikunjungi.

    BalasHapus

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan

Diberdayakan oleh Blogger.