Tanda-tanda Mau Haid

Tanda-Tanda Mau Haid Datang Ditandai Dengan Kram Perut Hingga Ngidam


Saat tiba waktunya haid, biasanya wanita akan mengalami beberapa tanda-tanda sebelumnya. Meskipun tanda tanda mau haid yang dirasakan berbeda namun wanita akan mengalami gejala umum.

Kamu dapat berkonsultasi secara langsung terkait masalah yang dihadapi ketika haid dengan dokter melalui online. Caranya menggunakan aplikasi yang memudahkan untuk konsultasi, download di sini.

Tanda-tanda menstruasi akan datang

Berikut inilah beberapa tanda-tanda mau haid yang dapat diketahui oleh para wanita:

1.    Kram perut

Bagi wanita yang akan datang waktunya haid biasanya mengalami kram perut. Kondisi seperti ini bisa muncul selama 1 hingga 2 hari menjelang jadwal waktunya wanita akan menstruasi.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir dengan kram perut yang sering terjadi ini. Sebab rasa sakitnya bisa hilang jika kamu sudah haid dan biasanya juga hanya muncul untuk hari pertama saja.

2.    Munculnya jerawat

Tidak hanya kram, tanda saat wanita akan haid biasanya muncul jerawat yang banyak dikenali dan sudah sangat umum. Jerawat yang muncul ini dikarenakan adanya kadar hormon mulai meningkat menjelang pada waktunya mentruasi.

Hal seperti ini tentunya akan membuat kulit wajah lebih banyak memproduksi minyak atau sebum yang berlebihan. Penumpukan dari minyak yang menyumbat pori-pori pada wajah dan menghasilkan jerawat.

3.    Payudara nyeri dan padat saat disentuh

Tanda-tanda mau haid yang sering dialami oleh wanita yakni payudara terasa lebih berat, bengkak dan nyeri di bagian sisi terluarnya. Dengan begitu bisa menjadi pertanda bagi kamu kalau waktu haid akan datang.

Perubahan pada payudara disebabkan oleh hormon prolaktin yang naik. Hormon prolaktin merupakan hormon yang mampu meningkatkan produksi susu.

4.    Kecapekan namun susah tidur

Saat kamu akan memasuki jadwal menstruasi sebentar lagi, maka akan mengalami susah tidur. Hal itu bisa saja terjadi meskipun kamu sedang mengalami kecapekan yang cukup berat.

Kondisi ini dapat terjadi sebagai kombinasi dari berbagai macam penyebab. Di antaranya perubahan pada hormon ketika menjelang masa menstruasi, stres secara emosional dari banyaknya kegiatan harian dan juga stres secara fisik sebab badan merasakan kelelahan, dengan begitu usahakan membuat tidur kamu senyaman mungkin.

5.    Perut kembung

Meskipun sudah makan secara teratur, namun saat memasuki masa menstruasi biasanya akan merasakan perut kembung dan juga penuh dengan gas. Kondisi seperti ini bisa menjadi pertanda kamu akan memasuki jadwal menstruasi.

Namun perut kembung saat akan haid ini dapat diatasi dengan mengurangi asupan makanan yang mempunyai kadar garam tinggi. Selain itu gantikan dengan mengonsumsi banyak buah dan juga sayuran serta melakukan olahraga secara teratur.

6.    Sakit kepala

Dari beberapa wanita yang mempunyai tanda-tanda mau haid biasanya merasakan sakit kepala cukup berat saat menjelang waktu menstruasi. Tanda ini berkaitan dengan adanya perubahan yang terjadi pada hormon estrogen di dalam tubuh.

Sehingga bisa mengganggu kondisi pada otak dan membuat sakit kepala yang berlebih. Maka dari itu wanita bisa saja mengalami sakit kepala ketika akan menstruasi.

7.    Mood swing

Tidak hanya perubahan dari segi fisik menjadi tanda-tanda mau haid. Menstruasi juga dapat mengubah suasana hati menjadi tidak stabil yang disebut dengan mood swing.

Menjelang jadwal menstruasi sering kali wanita mengalami perubahan suasana hati yang begitu cepat. Salah satu yang terlihat yakni seringnya marah-marah dan mendadak menangis padahal sebelumnya suasana hatinya sangat baik-baik saja.

8.    Nafsu makan justru meningkat

Beberapa di antara wanita akan mengalami tanda mau haid yang satu ini. Tanda menjelang menstruasi dengan nafsu makan lebih meningkat.

Dari penelitian yang dilakukan dan diterbitkan oleh International Journal of Nutrition and Metabolism mengatakan bahwa peningkatan pada hormon ketika wanita muda akan haid bisa menyebabkan keinginan makan menjadi lebih tinggi. Tanda ini banyak terjadi pada sebagian besar para wanita ketika menjelang waktu haid.

9.    Sensitif dengan suara, sentuhan dan cahaya

Dari Jurnal Archives of Gynecology and Obstetrics menyatakan bahwasannya para wanita yang tengah mengalami premenstrual syndrome akan merasa lebih sensitif pada suara, sentuhan dan cahaya menjelang jadwal haid. Hal inilah yang membuat wanita merasa sangat gelisah ketika berada di lokasi ramai, silau cahaya hingga tidak nyaman jika disentuh orang lain.

Apabila tanda seperti ini kamu rasakan maka perlu sekali membawa pembalut ketika keluar rumah. Sehingga kamu bisa segera menggunakan ketika sewaktu-waktu haid datang ketika bepergian.

10.             Kelelahan sebagai tanda-tanda mau haid

Perubahan hormon memang sangat menggangu pola tidur dan wanita akan mudah lelah ketika menjelang menstruasi. Keluhan seperti ini tidak akan hilang sebelum menstruasi di mulai untuk hari pertama.

Sehingga untuk membantu kamu menjaga kualitas tidur bisa dengan mencoba melakukan olahraga secara rutin. Dengan begitu kondisi tubuh tidak mudah lelah atau lesu yang membuat kamu susah tidur.

11.             Merasa haus

Menjelang wanita akan memasuki jadwal menstruasi biasanya mengalami retensi air beberapa hari. Maka kamu perlu minum air putih lebih sering agar menghindari dehidrasi ataupun kekurangan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

12.             Ngidam

Ngidam sebenarnya tidak hanya terjadi pada ibu hamil saja. Bagi wanita yang tidak hamil dan menjelang jadwal menstruasi juga akan merasakan ingin makan sesuatu.

Hal ini dipicu karena lonjakan nafsu makan yang sangat tinggi menjelang menstruasi pada wanita. Maka tidak heran jika wanita akan makan lebih banyak dibandingkan dengan hari normal.

Demikianlah beberapa tanda-tanda mau haid secara umum yang dapat diketahui. Meskipun memang tanda yang dialami oleh setiap wanita berbeda namun hal ini sering kali terjadi.


Tanda-tanda Mau Haid Tanda-tanda Mau Haid Reviewed by Ceritajalan.com on Januari 31, 2022 Rating: 5

9 komentar:

  1. Kalo mau haid malah saya males makan. Yang sering no 1 dan 2 sih kak, itu pas masih remaja.

    Sebelum nikah siklus menstruasi saya termasuk yang sering sekali tidak teratur karena hormonal. Alhamdulillah setelah menikah siklus menjadi lebih teratur.

    BalasHapus
  2. pak suami harus tau jiga nih yaaa. soalnya ngeriiii tanda tandanya hahaha
    tiap bulan pulak suami dapat imbasnya.
    sabar ajalaaa

    BalasHapus
  3. Sampe anak 5 pun awak masih ngalamin nyeri haid.. wkwkwk
    Obatnya asek beli kiranti aja. 🤣

    BalasHapus
  4. Mood swing gak ngenakin kali ya Chy, rasanya senggol bacok aja bawaannya. Kasian orang2 di sekeliling. Kakak kl ada rasa2 ingin emosi auto rebahan aja,, atau nonton drakor, hehe

    BalasHapus
  5. Mood swing ini yang kadang bikin saya bingung ama sikap sendiri. Padahal niatnya nggak gitu, tapi kok bisa dilakukan juga. Trus awalnya ketawa, sebentar kemudian emosi. Ahh... wanita kali yaa

    BalasHapus
  6. tiga, enam, tujuh, delapan dan sepuluh.
    Nah itu lah awak yang paling sering ngalami kalo mau haid.
    Kram perut sih Alhamdulillah gak ya...
    Pernah liat sepupu sampe kram perut, bersyukur awak gak begitu.
    Satu lagi, awak juga diawali dengan pegel-pegel, dari pinggang ke bawah.

    BalasHapus
  7. mood swing, sakit kepala, dan nafsu bertambah. nafsu makan, nafsu nepok org, nafsu merepet semua lah nafsu bertambah kak. hahaha...
    inilah kak yg dirasakan kalo awak mau datang haid.

    BalasHapus
  8. Sindi ngerasain semua bu kecuali jerawat. Ampun 🤣 dan terkadang mengendalikan itu semua dengan diam seribu bahasa. Dan itu dirasakan selalu di hari pertama haid. Hari ke dua dan selanjutnya alhamdulillah stabil bu.

    BalasHapus
  9. Henny yang sering ngerasain dari poin satu, dua, dan tiga. Nah, kalau yang lain malah enggak terasa. Palingan ada juga, mungkin kondisi ngidam kali ya. Bisanya ada yang males banget dan ada yang rajin banget. Bawaan kali ya. Heheh ,,,

    BalasHapus

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan

Diberdayakan oleh Blogger.