Seputar Operasi Caesar yang Perlu Ibu Ketahui





Mau Melakukan Operasi Caesar? Perhatikan Dulu 2 Hal Berikut :


Rasa tegang menjadi salah satu perasaan yang dimiliki oleh setiap ibu yang akan melakukan persalinan. Sebab, mereka akan menjalani salah satu fase paling tidak terlupakan dalam hidupnya yakni melahirkan. Melahirkan sendiri dapat dilakukan melalui dua proses yakni antara proses secara normal maupun caesar. Bagi Anda yang ingin melakukan operasi caesar, ada beberapa hal seputar luka operasi caesar yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa diantaranya.

Memilih pakaian yang tepat
Agar bekas luka pasca operasi caesar bisa sembuh dengan sempurna, Anda perlu memilih pakaian yang tepat. Pakaian perlu diperhatikan betul karena sangat menentukan proses penyembuhan luka pasca operasi. Sebab, pakaian bisa membuat luka semakin lama mengering atau bahkan bisa memperburuk luka bekas operasi caesar di perut Anda.
Dalam memilih pakaian, usahakan untuk memilih pakaian yang tidak terlalu ketat. Pilihlah pakaian yang lebih longgar untuk meminimalisir risiko luka menjadi lecet hingga berpotensi menjadi iritasi. Pilih juga pakaian dengan bahan yang licin agar bekas luka tidak menempel dan memperlambat proses pengeringan luka. Dengan memilih pakaian yang tepat, luka bekas operasi bisa kering lebih cepat dan Anda juga akan merasa nyaman dengan pakaian tersebut.

Apakah bekas luka yang berdarah berbahaya?
Apabila setelah proses operasi pendarahan terjadi di area sekitar vagina, maka hal tersebut merupakan hal yang wajar mengingat pada proses tersebut sedang terjadi proses penyembuhan di area rahim Anda. Ini disebabkan karena saat plasenta terpisah maka akan tertinggal pembuluh darah yang terbuka dan mengalir ke dalam rahim. Rahim akan kembali menyusut usai proses operasi dan sisa-sisa darah akan keluar melalui vagina.
Akan tetapi, apabila pendarahan terjadi di area bekas luka operasi, maka Anda perlu berhati-hati. Sebab, ketika terjadi gesekan, bekas luka bisa menjadi iritasi dan bahkan berujung pada luka yang kembali berdarah. Ketika bekas luka kembali berdarah, maka proses pengeringan akan berjalan lambat dan tertunda sekitar 4-6 minggu. Pastikan bekas area operasi tetap kering dan hindari gesekan untuk meminimalisir terjadinya pendarahan lanjutan pada area sekitar bekas operasi.

Itulah dua hal seputar luka operasi yang perlu Anda ketahui. Penggunaan obat luka operasi jadi salah satu hal yang wajib agar luka jadi lebih cepat sembuh. Anda bisa mendapatkan obat untuk mempercepat penyembuhan luka melalui Go Apotik secara lebih praktis dan lebih mudah.


Seputar Operasi Caesar yang Perlu Ibu Ketahui Seputar Operasi Caesar yang Perlu Ibu Ketahui Reviewed by Ceritajalan.com on Juli 27, 2019 Rating: 5

2 komentar:

  1. Kalau habis operasi caesar pada umumnya pakai kain sih, ya. Jarik gitu kalau saya dulu. Jadi risikonya lebih kecil untuk menekan luka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dizaman sekarang operasi caesar alternatif untuk melahirkan, tapi tetap rasa sakit tak terhindarkan

      Hapus

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan

Diberdayakan oleh Blogger.