,

Cara Membuat Paspor Dengan Ketentuan Baru 2019 di Kantor Imigrasi Medan



kiri : paspor lama keluaran 2014, kanan : paspor baru keluaran 2019


Halooooo, setelah sekian belasribu hari gak nulis, kali ini saya mau nulis tentang gimana drama alur membuat paspor atau memperpanjang mengganti paspor yang sudah expired, saya cuma mau ngasih info kalau ternyata tak segampang Bertha bayangkan. Karena masalah saya tak semudah merpati terbang, hanya gara-gara nama dengan huruf yang berbeda, jadi apa yang harus kalian lakukan adalah jangan sampai seperti saya bolak-balik ke kantor imigrasi lebih dari 4 x.

Pertama kalian harus punya jiwa atau mental kuat, bijak berstari serta cerdas tak lupa bedoa, karna dalam kasus saya, sistem birokrasi di Medan yang indah tak bisa diandalkan, kenapa setelah berurusan dengan administrasi kartu keluarga yang baru, nama saya tetap saja salah yang harusnya DESY ZULFIANI, yang tertera di KK Dan e-KTP yang ada adalah DESI ZULFIANY. Jadi pihak imigrasi Belawan pada saat saya mengurus pasport untuk mengganti yang baru karna telah kadarluarsa, tidak mau itu. Kita harus memberikan data yang jelas,  pulang lagilah saya ke kantor lurah dan ke kecamatan. Apa yang terjadi sodara-sodara, selain saya habis ongkos, saya juga dibola-bola balik lagi dari jalur paling rendah yaitu kepling, lurah, camat dan kantor dispendukcapil.

Ini adalah murni data yang salah, dari dulu sekali waktu perekaman e-ktp, saya sudah menerakan nama saya sesuai akte lahir dan ijazah SMA yaitu DESY ZULFIANI, terus gimana donk dengan nasib yang salah nama, salah huruf, beda tanggal lahir, atau beda tempat lahir, wahai makhluk bumi enyahlah pergilah kamu segera ke pihak yang bertanggungjawab alias kantor dinas kependudukan sebelum semuanya tambah repot seperti kejadian yang saya alami. Urus dulu semua sampai ke 7 syarat dibawah ini satu data semua... Ok tanpa berlama-lama ini dia yang harusnya kamu bawa.

Ohya karna sistem imigrasi sekarang semakin (katanya) canggih. Kita wajib download aplikasi Antrian Pasport Online *(APAPO) di google play terus kamu ikuti langkah-langkahnya mudah koq, isi aja dan pilih kantor imigrasi yang menurut mu mudah dijangkau setelah daftar nanti ada kuota untuk kamu pada jam berapa saja. Lalu print barcode antriannya ...... lalu bawalah dokumen ini semua pada tanggal yang sesuai kamu isi di APAPO tadi.

1. FTCP AKTE LAHIR
2. FTCP IJAZAH TERAKHIR
3. FTCP E-KTP
4. FTCP KK
5. FTCP SURAT NIKAH kalau sudah menikah.
tapi karna saya ingin mengganti paspor lama saya, jadinya ada tambahan
6. FTCP PASPOR LAMA DEPANNYA SAJA.
7. PRINT OUT BARCODE PENDAFTARAN ONLINE DI APLIKASI APAPO.

Semua di copy dalam kertas a4 serta bawa juga semua aslinya. Seperti contoh dibawah ini.














Langkah Tahapan setelah sampai di kantor imigrasi Medan.

1. Datang ke bagian pintu pembuatan paspor, disitu sudah banyak berdiri pegawai imigrasi yang ramah-ramah dengan pertanyaan " ada yang bisa dibantu?" terangkanlah maksud dan tujuan kamu secara jelas kepada mereka, lalu mereka akan memberikan formulir setelah mereka memeriksa dokumen syarat terpenuhi.

2. Isi data selengkapnya, sebelum masuk ke pintu kaca untuk duduk mengantri untuk difoto anda akan diperintahkan untuk mengisinya di meja yang disediakan, lalu setelah selesai mereka akan mempersilahkan masuk dengan diberi nomor antrian di map warna kuning yang tetap anda pegang sampai sebelum anda duduk di kursi panas wawancara.

3. Duduklah dengan tenang, dan ingat anda harus berpakaian rapi dan sopan serta memakai sepatu. Kalau wanita boleh memakai riasan tapi tipis saja, ditakutkan lipstik warna nude pink menjadi warna merah darah kalau paspor kamu jadi. Setelah nomor kamu dipanggil siap-siap akan dituntun ke nomor counter petugas untuk wawancara.

4. Setelah dipersilahkan duduk di counter, ada 2 pertanyaan umum, yaitu mau kemana, dan mau ngapain. Terangkan bahwa anda benar-benar akan berlibur bukan mau cari duit di negara orang ya.

5. Setelah wawancara, anda akan difoto cobalah untuk tegar posisi tegak agar tidak terlihat bagus dan jangan terlalu senyum untuk foto paspor, hampir sama tegangnya dengan foto ktp. Biasa saja untuk normal ya.

6. Setelah difoto kamu akan dipersilahkan keluar dan diberi barcode billing untuk membayar layanan paspor ini. Ok selesai tunggulah paling lambat 7 hari setelah anda di wawancara.


NB : Dalam kasus saya sewaktu pembuatan paspor di kantor imigrasi Medan sedang pembaharuan sistem sehingga semua layanan menjadi sangat lambat sekali, antrian membludak dan entah kenapa semua rakyat Medan pada saat itu pada membuat paspor semua lebay, penuh sekali. Setelah saya selesai difoto saya tidak diberi billing melainkan ditanya no wa BUKAN SOK CANTIK, kira-kira mereka akan mengirimkan billing nya kepada saya lewat WA seterusnya untuk dibayar ke transfer bank harus lewat ATM agar struk bukti pembayarannya ada pada saat nanti mau ambil paspor yang sudah selesai.

Kira-kira percaya gak kalo punya saya bisa selesai dalam 7 hari, ya saya percya. ketika saya mengantri ke loket pengambilan paspor saya cuma tunjukkan struk serta foto di WA saya dari petugas kemaren untuk menunjukkan barcode, tapi petugas loket tidak terima ia tetap meminta barcode yang diprint. Karna saya gak terima diperlakukan begitu, antrian sangat penuh dan semuanya pada belum siap setelah 20 hari kerja. Maka saya mengadukan hal tersebut ke CS imigrasi. Mereka menjamin kalau barcode pembayaran yang dikirim lewat WA itu berlaku, jadilah saya mengantri lagi dengan hanya membawa struk transfer ATM, et voila, nama saya dipanggil dan artinya paspor Saya sudah siap, bagaimana dengan ibu-ibu yang sudah dari jam 10 pagi menunggu serta sudah datang 2 x dari rumahnya ke loket pengambilan paspor kantor imigrasi Medan, sungguh ironi.

Biaya 

Sekarang sistem imigrasi terbuka dan berintegrasi jadi biaya pembuatan baru/ganti adalah 350ribu rupiah bagi WNI. 

Bisa transfer ke ATM lewat langkah yang ada di foto ini.


Bisa dilihat dari media sosial yang uptodate dari link ini untuk info selengkapnya tentang imigrasi medan. https://twitter.com/kanimsus_medan 

Cukup sekian derita eh cerita saya mengenai pembuatan paspor ini, semoga semua sistem birokrasi adminitrasi di Indonesia tidak bertele-tele.

yuk kita kemon, mana taaa................


Share:

14 comments:

  1. Bukan lebay Kak,
    Berhubung tiket dalam negeri ngeriih kali harganya, jadi lebih baik berlibur ke negeri Jiran atau kalau ada perlu ke ibukota atau libur ke Bali lebih baik via KL, makanya pada buat pasport 😂
    Una mau buat juga nih, punya song yg lama udah habis dari bulan February lalu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas lah buat aja terus,, ketentuan yg kk tulis selagi masih berlaku

      Delete
  2. Klo gk py akta kelahiran, mesti buat akta tu dlu baru bs buat pasport nya ya kak des..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gak punya, bawa surat nikah kalao sudah nikah. Kalau blm menikah, ya tetap buat akte lah kk, urus semua.

      Delete
  3. Ya Allah kak echy, kok drama kali itu..
    Awak jadi mikir, buku nikah kakak salah nama juga gak?

    Jangan Sampe disuruh nikah ulang, wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Susah kali beda nama gitu ya kak t-T

    ReplyDelete
  5. Mang iya kk klau yang nmanya beda nma itu urusannya sangat ribet,itu pengalaman buat orang tua klau buat akta lahir harus sesuai penulisan namanya terus nanti ke ijazah dan sterusnya penulisannya semua hrus sma.. untk menghindari drama seperti ini

    ReplyDelete
  6. Aduh bikin panas dingin ya kak ngurus paspor nih mana nama gak boleh salah satu huruf pun iya kalau rumah dekat lah kalau jauh gimana,bisa2 betanduk juga awak wkwk. Btw kakak urus paspor di kantor belawan ya? Yg kantor imigrasi jl.gatsu itu bisa juga kan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 x di belawan tak tembus,, ku carik cara daftar ke kabin gatsu. Alhamdulillah selesai di Kalimantan gatsu

      Delete
    2. Kantor imigrasi gatsu medan maksudnya

      Delete
  7. jadi ingat cerita bapak kost saya. paspor dia juga salah nama, beda satu huruf doang tepatnya.
    karena dia malas ngurus lagi akhirnya sampai sekarang nggak pernah pergi ke luar negeri. emak kost doang yang pergi-pergi, bapak kost menyerah. mending nggak punya paspor & nggak pergi ke luar negeri daripada ribet ngurus perubahan nama. gitu katanya. hihihihi

    ReplyDelete
  8. Pasti ini ketraumaan kak echy yang jauh jauh datang ke belawan kan. Huuu untung tu nama aku cuma satu kata, walaupun ijazah salah juga wkwk

    ReplyDelete
  9. Wah wah musti diingat² nih artikelnya Kak Desy, kapan perlu tinggal lari kemari, hehe

    ReplyDelete
  10. Note to remember : buat akta lahir sampe KTP namanya harus sama sampe huruf-hurufnya ya kak.. Pengalaman mama aku buatin paspor untuk adikku cuma sebentar lho di kantor imigrasi gatsu nya. Nunggu paspornya jadi sekitar seminggu memang. Yang penting kalo bisa jam 6 pagi udah ambil nomor antrian. Aku sendiri belum punya paspor, wkwk...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan