Writing Blog Class, Resolusi 2019





Saya siapa, nobody, setitik debu pun ciptaan Tuhan, nah perbedaannya saya setitik debu yang diberi akal sama Allah, jadi apa yang akan saya perbuat kelak akan diminta pertanggung jawabannya, wopss agak ngerih, tapi ya memang itu kenyataannya.

Program Kerja Kita Kita Medan

WBC (writing blog class) merupakan ide dan gagasan yang saya punya, hanya dengan berpikir sebentar lalu "ting" Allah seolah tahu apa yang memudahkan jalan saya, karna memang dia yang Maha Tahu, saya pun tak lupa mengajak kawan-kawan, saya makhluk sosial yang banyak kurang ini pasti membutuhkan tim. Tim yang sudah ada dahulu, saya bentuk kembali dengan nama baru dan misi baru yaitu KKM.

Lalu kenapa tidak dijadikan program kerja saja, apalagi ini pertama kalinya event untuk Kitakita Medan sebagai Organizernya, hitung-hitung agar orang-orang mengenal komunitas baru stok lama ini. Ya dulunya komunitas ini bernama Matakita Medan dan baru menelurkan 1 event talkshow dengan memanggil narasumber, karna drama personil yang aneh-aneh maka tinggallah anggota tim 3 orang. Dengan sisa personil yang sedikit ini dan menghimpun anggota baru maka, tercetuslah progja WBC dari KKM.

Kenapa ide itu muncul begitu saja, karena terpikir bahwa dunia per-blog-an tanah air sedang menggeliat, serta event-event yang diselenggarakan pemerintah turut mengundang serta para BLOGGER, artinya blogger adalah artis dengan kemasan penulis atau influencer yang aktif di medsos. Pengaruhnya lumayan bergema di kalangan pembaca atau followers nya, saya yang belajar blog sendirian merasa sangat tertatih dan perih belajar sendirian, tidak tahu mau tanya ke siapa, sampai akhirnya saya mandiri membangun ceritajalan.com dari nol, lalu sekarang sudah setahun dengan DA masih 16, yah saya nyantai saja sambil perbaiki tulisan dan konten. Dengan niat untuk mencerdaskan bersama, maka saya ingin anak medan khususnya, dan orang-orang di Sumut ini banyak menulis di blog bukan hanya  untuk eksis di dunia maya, tapi juga berbagi manfaat ke banyak orang lewat tulisan.

Simak cerita saya mengenai  alasan menulis blog

Writing Blog Class 1


Suatu ketika Tuhan menurunkan bocahudik dari Batam ke Medan, permulaan jumpa dikenalkan dari si Hardi, ia memberi banyak ilmu baru dari dunia blog yang sama sekali saya tak dapat dari siapapun, garis tangan dia menjadi sahabat saya, hingga saya mencetuskan ide untuk buat progja WBC dan dia bersedia menjadi partner saya, dan rampung lah tanggal serta kurikulum serta rincian untuk event acara, yang sama sekali no sponsor, mendadak daftar peserta diluar bayangan kami, ya peserta kami batasi 15 orang ternyata yang daftar ada 30 orang, saya mau nangis. Oh ya kelas ini kami buat gratisss.



poster pertama WBC 1

Saat meeting pertama ada 3 orang, saya, Alfi dan Alwi, saya kemukakan ide, niat dan tujuan dibuatnya kelas ini lalu, kami pilih tugas. Saya betugas sebagai pemateri konsep penulisan, dan Alfi sebagai pemateri praktek pembuatan blog. Lalu terbesitlah pikiran untuk mencari lokasi, yaitu di Kedai sumatra, saya kenal dengan pemiliknya dan support akan kegiatan-kegiatan komunitas seperti ini. Lihat galeri foto dibawah ini yang menunjukkan betapa serunya kelas yang kami buat, dengan tim ikhlas dan rela untuk bekerjasama, semoga tetap kompak.


saya saat memberikan materi konsep menulis blog.

tahap awal materi yang saya bawakan



panitia pertama WBC 1 dan member dari KKM

penghargaan untuk menulis secara langsung di blog baru peserta, yang paling muda 9 tahun. penjurian dilakukan agar para peserta semangat untuk menulis artikel-artikel yang out of the box.

peserta antusias belajar dari pemateri praktek bocahudik.


peserta berfoto bersama setelah selesai kelas.

Writing Blog Class 2


Tahukah kalian, saya semakin semangat untuk menebar kebaikan karena respon positif dari orang-orang baru yang semangat belajar, dan mengambil pelajaran dari diri kita, kelas ini akan menghasilkan para blogger baru, saya malah tidak takut jadi saingan dari mereka justru saya malah senang, rezeki malah makin bertambah insyaalah, apalagi ini memang progja akhir zaman saya.

Dikarenakan WBC 1 telah usai, dan kurikulum WBC diakhiri sampai 3 kali, maka kami dari KKM menyiapkan agenda untuk WBC 2 dengan persiapan yang lebih matang, mulai dari ide kawan-kawan tim, bagaimana men-share kegiatan ini agar lebih banyak peminat atau pesertanya, yah dari WBC 1 dan 2 ini kami masih menerima peserta dari umum. Lokasi yang dipilih kali ini direkomendasikan suami, yah dia punya teman yang memiliki kafe ditengah kota, namanya Frame kafe terletak di tengah lokasi wisata Merdeka Walk, cocok sekali untuk peserta yang rumahnya jauh, dan saya sendiri yang tinggal di pinggiran kota.



poster wbc 2
Dengan teknik pendaftaran melalui google form ide dari si Gara, yang mendaftar sampai deadline tanggal 16 desember ada 50 orang, dan ternyata yang datang hanya 25 orang, tidak mengapa karena ini kelas lanjutan dan tetap kami buka untuk peserta yang tidak ikut WBC 1.

Senangnya yang datang adalah orang-orang baru lagi dan antusias belajar, ada yang bawa anak sampai bayi 3 bulan. Serunya adalah ketika tanya jawab, ternyata untuk konsisten menulis itu susah, ya termasuk saya sendiri, apalagi kalau bukan karna sifat malas.

Saya memotivasi peserta untuk menganggap blog adalah rumah mereka, bangun dulu batubata nya (tulisan) baru bisa kita dekorasi serta buat kamar-kamarnya. Untuk praktek dengan Alfi banyak yang  bertanya mengenai domain, yah untuk sebuah blog, domain itu penting, karena bisa menjadi hak cipta tulisan dan menjadi mudah untuk pencarian di google searh engine agar banyak pembaca.




saya membawakan materi pertama, padahal kondisi belum pulih dari sakit tapi demi kelas saya tetap semangat

peserta bertanya mengenai konten

suasana belajar asyik dan santai

bocahudik menjelaskan tentang tempalte blog

peserta berfoto bersama dengan seluruh tim KKM setelah kelas berakhir.
Setelah kelas WBC 2 berakhir, tak lupa kami masukkan data mereka yang lulus kelas ke grup WA, yah untuk memudahkan koordinasi info, share lomba maupun job dan event serta untuk memudahkan peserta yang resmi masuk ke grup untuk bertanya jawab tentang blog secara gamblang. Tak lupa kami umumkan bahwa setelah kelas ini akan ada kelas penutup, yaitu WBC 3 yang secara keseluruhan menjadi kelas terakhir untuk blog, selanjutnya setelah WBC 3 diharap peserta dapat menjadi blogger yang profesional paling tidak dalam menulis konten agar tulisannya disukai pembaca. Peserta kali ini tertutup, hanya khusus untuk member yang sudah tergabung di grup WA Blogger Sumut

Apalagi itu blogger sumut,, mau tau lebih lanjut, akan saya tulis di postingan berikutnya yaa,,, stay tune....

Terimakasih.
Writing Blog Class, Resolusi 2019 Writing Blog Class, Resolusi 2019 Reviewed by Ceritajalan.com on Januari 02, 2019 Rating: 5

2 komentar:

  1. Kak, aku terharu baca tulisanmu. Aku bangga samamu dan kita semua. Semangat terus, kak.

    Much love, Alfie.

    BalasHapus

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan

Diberdayakan oleh Blogger.