Blogger Sumatera Utara, Komunitas Blogger dari KitaKitaMedan






Yap grup blogger satu ini diciptakan oleh salah satu member KKM sekaligus pemateri dari WBC yaitu bocahudik, ia mempunyai cita-cita membentuk komunitas blogger yang mencakup lebih banyak wilayah di propinsi Sumatra Utara meskipun membernya kebanyakan orang Medan.

Gagasan ini muncul untuk menjawab keresahan orang yang baru punya blog tapi tak tahu harus bertanya kepada siapa, maka komunitas yang kebanyakan membernya murah senyum ini, saling memberitahu satu sama lain tanpa takut harus menjadi yang paling oke diantaranya.

Artinya blogger sumut sudah pernah ada di Medan tapi grupnya mati suri di tahun 2015 tidak nampak lagi di permukaan, saya juga tidak tahu siapa penciptanya, makanya komunitas yang dibuat  bocahudik ini masih dibawah naungan dari KKM, dan grup yang berbeda dari blogger sumut yang sudah ada itu, kalau dibilang jiplakan tentu tidak kan, karena komunitas ini punya visi dan misi yang berbeda tentunya.

Sekilas Tentang KKM


Tidak apa ya saya ulas sedikit tentang KKM, KKM singkatan dari KitaKitaMedan adalah komunitas baru yang dibentuk dan diisi oleh anak-anak muda kreatif, untuk kegiatan sosial mencakup hal-hal event, seminar, workshop dan kelas-kelas, memanfaatkan sumber daya yang ada agar calon peserta yang mengikuti pelatihan atau kelas akan keluar menjadi orang yang berguna paling tidak untuk dirinya sendiri. Kelas yang kita buat juga diusahakan gratis.

Nah, kami sudah membuat progja WBC dan akan segera berakhir di WBC 3, maka kami para anggota tim sudah mempersiapkan diri, hal apa saja yang akan dibuat sepanjang 2019 ini selagi masih awal tahun sekaligus menjadi resolusi kami.

Dan hasil dari kelas WBC itu adalah grup blogger sumut. Untuk itulah kita perlu mengenal akar dari suatu komunitas agar tidak salah paham.


Sekilas Tentang Blogger Sumut

Komunitas ini masih beranggotakan blogger dari peserta kelas WBC yang lulus kemarin, adapun yang sudah menjadi blogger dan berbasis di Sumut juga boleh join di link berikut disini, sampai saat ini koordinasi grup berjalan dari Grup WA saya sendiri sebagai admin di WAG tersebut. Jumlah sementara member yang pasti di WAG ada 33 orang, terdiri dari anak muda, mahasiswa, ibu rumah tangga bahkan anak-anak umur 9-10 tahun.

Senang dan bangganya saya ketika ada orang baru yang mau belajar sama kita, grup  kita terbuka bagi newbie blogger, bahkan yang belum punya domain sama sekali. Untuk itulah grup ini dibuat agar mereka para blogger baru dapat info yang bisa kita berikan selagi kita masih bisa memberi tahu. 

Di WAG selain tanya jawab atau informasi tentang blog, juga share info lomba blog, event bahkan job, linknya kami berikan dan diinfokan lewat grup, masalah mereka diterima oleh klien atau tidak itu diluar jangkauan kami, terkecuali undangan langsung yang sampai kepada kami, akan dishare ke grup setelah itu admin akan memberikan info teknis seperti apa nanti. Contoh waktu itu Restaurant Mie Ayam Mahmud mengundang perdana komunitas ini, sungguh sangat senang, untuk pertama kalinya ada 5 orang yang diundang sedangkan anggota ada 33, kami akan seleksi dengan syarat seperti siapa yang menyanggupi untuk menulis report tentang event tersebut atau siapa juga yang aktif dalam grup. Mereka mengundang kami sebagai komunitas partner yang akan memeriahkan event ulang tahun restaurant tersebut.

Selain itu WAG dan facebook grup juga digunakan untuk berbagi link artikel tulisan para member, untuk saling Blogwalking (BW) yaitu saling mengunjungi blog dan beri komentar di artikel masing-masing member, untuk ketentuan lagi-lagi admin harus ekstra sabar mengecek satu-satu nama anggota yang berikan komentar dengan tenggat waktu yang ditentukan, aturan ini diberlakukan agar para member aktif dalam menulis serta menyemangati mereka agar tak kendor moodnya dalam menulis. Sanksi tentu ada, kalau tak menyelesaikan BW dalam tenggat waktu yang ditentukan, nama-nama tersebut akan dimention di WAG dan tidak boleh letakkan link untuk blogpost minggu berikutnya. Sungguh sayang sekali kalau tak menulis artikel bukan, kita akan kehilangan trafik pembaca dalam seminggu.

Undangan event pertama untuk blogger sumut

Sebagai komunitas baru, sudah selayaknya kami mengembangkan sayap agar dikenal banyak orang, agar banyak anggota/member yang bergabung dan diperhitungkan sebagai komunitas blogger yang punya pengaruh khususnya di kota Medan dan Sumut pada umumnya.

Dan pada akhirnya setelah baru dibentuk pada bulan desember 2018, selanjutnya kami langsung dapat undangan dari restoran Mi ayam Mahmud sebagai komunitas partner untuk menghadiri event ulang tahun restoran tersebut.

Bersama komunitas lainnya, sudah disediakan meja untuk kami dengan nama Blogger Sumut. Rasanya sungguh bangga, ternyata apresiasi sekecil ini membuat saya pribadi, bahagia.

Berikut ini foto-foto kebahagiaan para member dalam menghadiri undangan tersebut.



pertama kalinya blogger sumut diberi sertifikat dari mi ayam mahmud sebagai komunitas partner


sebagian member dari blogger sumut yang datang diundang di event ultah mi ayam mahmud


sebelum makan bersama, member yang datang wajib menulis artikel di blog masing-masing. aturan ini diberlakukan oleh admin dari blogger sumut.





Sekian informasi singkat mengenai Blogger Sumut, silahkan bergabung media sosial kami di grup Facebook Blogger Sumut dan Instagram Blogger Sumut

Blogger Sumatera Utara, Komunitas Blogger dari KitaKitaMedan Blogger Sumatera Utara, Komunitas Blogger dari KitaKitaMedan Reviewed by Ceritajalan.com on Januari 06, 2019 Rating: 5

1 komentar:

  1. Komunitas orang-orang aktif dan kreatif, Blogger Sumut.. Salam dari Bali

    BalasHapus

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan

Diberdayakan oleh Blogger.