Game Di Komputer Lama


Pernah tak main solitaire di PC komputer lama yang masih tabung itu, sebelum layar komputer berubah jadi LCD, saya sih dulu tiap hari kalau sedang "free", apalagi bila sedang penat, bahkan sampai era laptop pun saya masih memainkannya. Alasannya sederhana, seperti memecahkan teka-teki, bagaimana caranya hanya menyusun kartu dan menang. Lawannya tentu saja sang prosesor komputer itu sendiri hehe. Dan biasanya game game itu sudah tertanam di dalam program komputer tersebut dan pilihannya cukup beragam. 

Sekarang mungkin game tersebut sudah jarang dimainkan, tergerus oleh game online dari telepon genggam masing masing, dengan lawan main yang lebih hidup atau dengan efek suara yang lebih nyata. Kenyataannya masih ada orang yang memainkan game solitaire ini pada kaum milenial karna alasan "simple" itu, apalagi sekarang untuk main game tersebut tidak perlu mengunduh, bisa dari website dan  gratis, tidak perlu login bahkan bisa langsung main. Yang seru adalah game ini punya ukuran waktu dan poin sebagai motivasi kita untuk menang, semakin sedikit waktu dan semakin banyak poin yang kita dapatkan dalam menuntaskan game ini adalah kebahagiaan yang hakiki. Rasanya menyenangkan dan puas. Nah, dibalik game yang mudah dan menyenangkan ini ternyata ada sejarahnya lho, mau tahu kan.

Sejarah game solitaire.

Solitaire muncul pada tahun 1700-an di Eropa utara. Di Jerman, Swedia, Prancis, dan Rusia ada referensi dalam literatur untuk permainan yang disebut "Kesabaran"/"Patient", nama yang tercatat paling awal untuk Solitaire. Meskipun bahasa Inggris, kata "kesabaran" berasal dari bahasa Prancis dan menunjukkan bahwa permainan membutuhkan temperamen yang sabar untuk memainkannya dengan baik.

Pada pertengahan abad ke-19, Solitaire populer di kalangan masyarakat kelas atas Prancis, sementara di Inggris, Pangeran Albert dikenal sebagai penggemarnya. Permainan tidak sampai melintasi Atlantik ke Amerika Serikat sampai 1870 di mana ia dikenal sebagai Solitaire.

Solitaire semakin populer di kalangan pemain kartu dari semua lapisan masyarakat, tetapi mendapat dorongan besar setelah munculnya komputer desktop. Microsoft Windows, sistem operasi terkemuka, menyertakan versi gratis Solitaire pada tahun 1990.

Banyak jam kerja yang hilang karena permainan yang menantang ini. Pekerja kantor di seluruh dunia memainkan permainan ini, untuk itu perlu hati-hati dalam memainkannya jangan sampai kecanduan. Karena game ini membuat kita terus penasaran bila tak diselesaikan.

Oh ya coba di cek lagi game serupa lainnya seperti mahjong, saya juga suka main game ini karena mudah serta simpel, permainan ini hanya menyusun dan mencocokkan gambar yang sama. 

Jadi, bila anda ingin bermain di website tersebut, coba deh klik https://www.solitaire.org/ lalu "scroll" kebawah untuk baca pedoman sebelum main, atau deskripsi permainan solitaire.  

Berikut video contoh cara main game solitaire.


Di website ini juga banyak koleksi game seperti

solitaire.org/logic-puzzle-games/
solitaire.org/word-games/
solitaire.org/mahjong-games/
solitaire.org/hidden-object-games/
solitaire.org/card-games/
solitaire.org/match-3-games/
solitaire.org/free-online-games/

Game yang ada di website ini menurut saya juga aman untuk anak-anak apalagi untuk tingkat dasar/pemula sebagai gamer, tapi tetap perlu pengawasan orangtua agar tidak lupa waktu. Untuk main game ini saya sarankan lebih baik lewat HP agar efisien apalagi HP sekarang sudah canggih dengan layar sentuh. Di manapun dan kapanpun bisa main solitaire.

oke, yang pengen nostalgia yok main game-nya, langsung klik.



Game Di Komputer Lama Game Di Komputer Lama Reviewed by Ceritajalan.com on November 21, 2021 Rating: 5

9 komentar:

  1. Wah sama... saya ingat, paling candu-candunya main solitaire itu pas jaman PKL waktu kuliah dulu.
    Setelah selesai PKL di sore hari, disempatkan main solitaire dulu agak setengah jam.
    Gegara, para karyawan perusahaan tempat saya PKL itu, pada main solitaire sepulang kerja, awak pun ikut-ikutan. Tapi setengah jam aja, Sogan awak lama-lama main.
    Nanti jadi masalah pulak

    BalasHapus
  2. Seru juga ternyata cerita nge-game ini ya kak echy.

    Entahlah, sejak kecil sampe se-TUA ini awak memang bukan tipe pemain game.

    Dulu pas heboh orang main game watch (main susun bangunan) sama game ular panjang2 awak gak ikutan.

    BalasHapus
  3. Hahaha. Kalo ingat Solitaire otomatis ingat Mr X.
    Dia dulu ngajarin main ginian .🙈
    Gimanalah.. pacaran di rental komputer

    BalasHapus
  4. Entah kenapa dari dulu banyak teman saya yang suka main Solitaire ini. Saya sendiri lebih suka main tetris atau mario bros, wkwk. Mungkin karena dulu hampir di semua komputer udah ada solitaire ini dari awal ya, jadi nggak capek install lagi.

    BalasHapus
  5. Aku dulu sering berantem sama kakak karena rebutan main Solitaire ini. Ternyata sekarang bisa langsung dari situsnya ya kak. Mantap deh. Jadi ga berantem atau rebutan lagi. hahaha

    BalasHapus
  6. game pas di komputer pentium 4 nih dan enggak ada bosennya pun. Hahaha, dulu yang kek gini udah ngerasa paling canggih dan paling sering dimainkan sama orang rumah. Eh, syukurnya sekarang tersedia online juga.

    BalasHapus
  7. Bener banget game solitaire ini bikin ketagihan kak, sayangnya baru sekarang aku bisa mainin, klo dulu malah gak ngerti sama sekali hehehe

    BalasHapus
  8. kayaknya cuma UmRin yang ga tau game ini deh, jarang banget main game baik di komputer ataupun handphone... agak gaptek dan males kalau main game itu kenapa ya...

    BalasHapus
  9. Jadi ingat kawan kantor dulu hobi kali main Sollitaire ini pas jam istirahat sampe lupa ishoma, hihi... emang kl udah dimulai seru abis yaa, seperti yang dituliskan Eci di artikel ini, jangan sampai kecanduan.

    BalasHapus

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan

Diberdayakan oleh Blogger.