Travel Blogger Medan: Budayaland: Solusi Liburan Keluarga Bertema Alam Di Tengah Kota Medan




Hari minggu adalah hari libur bagi kebanyakan orang, maka saya juga ingin mengisi liburan kali ini ke suatu tempat yang dapat membawa suasana bersenang-senang untuk menyambut semangat di hari senin esoknya. Pagi itu gerimis, tak mengurungkan niat untuk datang berkunjung ke salah satu tempat hiburan yang kece di kota Medan, bernuansa semi outdoor, saya dan teman-teman sudah tak sabar untuk sampai dan bertemu di lokasi.



Budayaland, adalah pilihan tempat liburan sekaligus bermain yang pas untuk dewasa, anak-anak, kumpul bersama teman-teman, serta liburan keluarga, karena ada 20 wahana yang bisa dipilih untuk bersenang-senang. Saya sebelumnya sudah sangat excited, ketika teman-teman mengusulkan tempat ini.



Berlokasi di Jl. Medan - Tanjung Morawa Km. 12,5 No. 6, Sumatera Utara, Indonesia (bisa search google dengan keyword Budaya Resto), tidak terlalu jauh dari kediaman saya, sekitar 40 menit perjalanan menggunakan motor (tanpa macet), dan pukul 10 pagi tepat saya sudah sampai disana. Lokasi persisnya berada di belakang Budaya Resto, jadi terlebih dahulu kita akan menjumpai restoran lalu jalan sedikit ke belakang menuju Budayaland, apabila ada orangtua, wanita hamil, dan pengguna kursi roda, ada Shuttle car yang akan membantu untuk menuju lokasi, agar pengunjung merasa nyaman.


Shuttle car yang siap bolak-balik mengantar pengunjung dari Budaya resto menuju Budayaland



Sampai di gerbang depan, kita akan disambut oleh staff yang ramah dan mereka akan mengarahkan cara pembelian tiket masuk Budayaland. Berikut informasi tentang harga tiket masuk ke Budayaland.

HTM  : Rp 30.000 
VIP Pass : Rp 50.000 (Senin-Jumat), Rp 100.000 (Sabtu, Minggu & Hari Libur Nasional)

Keterangan:
HTM (Harga Tiket Masuk), tiket hanya untuk masuk di area Budayaland saja & tidak bisa digunakan untuk bermain. Namun tiket dapat ditukar dengan makanan / minuman yang seharga HTM di Budaya Coffee Cabin atau di Foodcourt Budayaland.
VIP Pass, tiket masuk sekaligus tiket main wahana sepuasnya di Budayaland. Namun tiket yang dapat ditukar dengan makanan / minuman adalah yang seharga HTM di Budaya Coffee Cabin atau di Foodcourt Budayaland.
NB: anak-anak dan dewasa harga tiket sama saja.
Contoh : 2 dewasa dan 2 anak, apabila semua ingin masuk dan bermain wahana wajib membeli tiket 4 VIP pass seharga 50rb/100rb per orang tergantung hari. Jikalau 2 dewasa hanya masuk Budayaland dan anak-anak saja yang bermain, cukup membayar 2 HTM dan 2 VIP pass.

Tiket VIP Pass saya.

For your information, Budayaland buka setiap hari dengan waktu-waktu tertentu seperti
Weekday (Senin-Jumat); 10.00 a.m. - 07.00 p.m. dan Weekend (Sabtu, Minggu & Hari Libur Nasional): 10.00 a.m. - 08.00 p.m. Dikarenakan memang sengaja ingin seharian liburan di tempat ini, mulai pukul 10 pagi Budayaland buka, dan sebelum kami ingin merasakan semua wahana itu, pertama sekali kami mengelilingi semua area karena dengan luas 15 hektar dibagi atas 3 zona yaitu centerland, funland dan greenfarm, maka diperlukan 2 jam untuk mengelilingi seluruh area Budayaland. Dari 3 Zona itu terdapat 20 wahana bermain di Budayaland yang dapat dimainkan untuk dewasa maupun anak-anak.

Tak lama matahari pun muncul. Kami berkeliling dan bersenang-senang sambil foto-foto, dan melihat-lihat serta memutuskan kira-kira wahana apa yang akan kita mainkan. Setelah lelah berkeliling, pukul 11.30 siang kamipun singgah ke satu-satunya kafe di dalam area Budayaland, bernama Budaya coffee cabin. selengkapnya mengenai kafe klik disini ya.

Setelah puas mengisi perut dan beristirahat, kamipun mulai menjelajahi wahana. Apalagi kalau bukan wahana yang sudah disediakan oleh Budayaland seperti berikut:

1.      ATV, saya tertantang untuk menaiki ini, operator mengatakan bahwa kendaraan ini aman, seperti mengendarai motor matic, dilengkapi dengan alat pengaman tubuh serta helm, juga guide 2 orang yang berjaga di depan dan belakang, kami hanya berjalan berkeliling satu putaran saja di area greenfarm. Seru!
safety first, syarat berat maksimal 80kg dengan tinggi badan minimal 120cm
2.      Bebek Dayung, meskipun mengerahkan seluruh tenaga untuk berdayung, kami senang, setidaknya kalori terbakar haha. Tetap dilengkapi pelampung karna danau ini punya kedalaman 3-7 meter. Wow!



3.      Becak Mini, untuk anak-anak
4.     Flying Fox, cocok untuk kegiatan outbond
5.      Gokart Mini
6.      Hand Boat, untuk anak-anak

7.      Kayak/Kano
8.      Kereta Api, rasanya tak puas kalau berkeliling tak mencoba wahana kereta api, meskipun 1 gerbong hanya cukup untuk kami berdua, selebihnya anak-anak, cukup menggembirakan.



9.  Nine Bot, ini seru, dimana saya bersaing mencoba wahana ini dengan anak-anak, menguji keseimbangan berat badan agar tak jatuh, seperti main skating tapi ini lebih mudah. Operator sangat membantu, memastikan pengunjung yang ingin menggunakan wahana dengan memakaikan kami semua alat pengaman.



10.  Obstacle Run
11.  Paint Ball, ini lebih seru, hanya di Budayaland, main wahana ini komplit, mulai dari baju, alat pengaman, serta alat tembak dipakaikan tanpa uang tambahan lagi. Minimal kalau mau main paint ball harus 4 orang agar bisa 2 lawan 2.



12.  Panahan/Archery, saya mencoba alat ini ternyata luar biasa berat, rasanya otot tangan saya kekar setelah mencoba panahan ini. Sungguh ku tak sanggup, tapi mengasyikkan.



13.  Sampan
14.  Sepeda

15.  Sepeda mini
16.  Tree Top

17.  Waterball

18. Mini Red Car

19. Zona Permainan Tradisional : Engklek Bambu - Engklek Batok - Congklak - Engklek - Bakiak.


Budayaland dilengkapi berbagai fasilitas diantaranya adalah : Musholla, Kamar Mandi, Taman, Foodcourt Jajanan, Stall Makanan/Minuman Budaya, Sitting Area, Tenda Transparan, Stall Makanan, dan banyak lagi. Setiap wahana diawasi oleh satu orang operator serta dilengkapi dengan alat pengaman untuk kenyamanan pengunjung.



Nah, ternyata di Budayaland banyak sekali program-program liburan yang bersifat edukasi, sewaktu kami berkeliling, kami sempat menikmati program-program tersebut diantaranya yaitu ;

1. Budaya Farm Tour : Kegiatan touring area Green Farm Budayaland serta kegiatan seru animal feeding yang akan dipandu oleh tim Budayaland, setiap hari minggu jam 15.30 WIB di Budayaland.

feeding ikan patin dan ikan mas

feeding sapi jenis frisian bernama Douglas

2. Budaya Special Activity : Kegiatan interaktif dengan sesama pengunjung yang meliputi Science Project, Family Quiz & Fun Game, setiap hari minggu jam 16.30 WIB di Budayaland.

science project

Selain kegiatan diatas tadi, ternyata Budayaland juga menerima berbagai kegiatan seru lainnya dengan tagline #DiBudayalandBisa, mereka memberikan one stop service kepada pelanggan, dan semuanya sangat negotiable, sesuai permintaan/orderan customer, sebagai berikut:
Fun Vacation, Wedding Venue, Field Trip, Prewedding Photoshoot or Class Photoshoot, Outbound By Budayacamp, Family or Group or Corporate Gathering, Birthday Party Venue, dan Events Venue.

Wisata Edukasi keluarga, Terutama anak-anak di Budayaland Berada di Area Greenfarm:

1. Pengenalan berbagai Fauna

1. 2 Burung Macaw ; Leo & Rocky




2. 2 Kuda Poni ; Jaka & Siti


sepasang kuda poni ini sedang dalam perawatan
3. Ikan Mas & Patin

4. Sapi Madura & Sapi Perah

5. Kelinci


2. Pengenalan Berbagai Flora

1. Hidroponik, tanaman sayuran
selada, yang juga digunakan untuk Budaya resto dan cafe cabin.
2. Kebun bunga matahari

3. Area persawahan terasering.

4. Ladang jagung


5. Aneka tanaman hias


Akhirnya pada pukul 5 sore, kami sudah cukup lelah dan sangat puas bermain disini, meskipun pukul 8 malam Budayaland tutup, tapi untuk wilayah Greenfarm pukul 6 sore ditutup atau kegiatan di area tersebut dihentikan karena akan menjelang waktu magrib, tapi setelah itu bisa dilanjutkan kembali sampai seluruh Budayaland tutup pukul 8 malam. Kami memutuskan untuk pulang, tak lupa sampai pintu depan sebelum keluar dari area Budayaland kita harus menggunting tanda masuk vip pass ke kolom-kolom kepuasan pelanggan seperti gambar dibawah ini.

level sangat bahagia


Catatan penting :

1. pakailah pakaian yang nyaman untuk anda dan anak-anak
2. tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar, kecuali makanan bayi dan air dalam botol
3. pakai sepatu dan bawalah payung untuk berjaga-jaga
4. bawalah pakaian ganti bila diperlukan
5. jagalah kebersihan lingkungan

Untuk reservasi dan lain-lain, hubungi marketing klik disini.

Oke sekian dulu liburan sehari yang menyenangkan ini, sampai jumpa lagi di weekend selanjutnya, bye...






Travel Blogger Medan: Budayaland: Solusi Liburan Keluarga Bertema Alam Di Tengah Kota Medan Travel Blogger Medan: Budayaland: Solusi Liburan Keluarga Bertema Alam Di Tengah Kota Medan Reviewed by Ceritajalan.com on Desember 04, 2019 Rating: 5

12 komentar:

  1. Asik banget bisa naik kereta api... Itu ada kuda poni, bisa naik kagak?

    Burungnya juga tjantik ya. Jadi pengen melalak kesana. Huakakakak

    BalasHapus
  2. Warthit sekali dengan htm segitu ya cy. Pantes la tingkat kepuasannya sangat memuaskan...keren keren...bakalan ke sana segera

    BalasHapus
  3. Bisa lah ni nanti abis ujian bawa si sulung ke situ. Biar playdate sama dia. Soalnya kayaknya dia lagi butuh perhatian..

    BalasHapus
  4. Kapanlaaa bawak syaffa ammar kesini sekalian tukang fotonya wakakakkaka

    BalasHapus
  5. Dengan HTM segitu pantas kali lah buat menikmati seluruh wahana yg ada jangan sampe gak dicoba semuanya ya kan, abis keren2 bgt sih

    BalasHapus
  6. Wahananya seru2 aslii. Tapi, sepertinya aku jera buat main nine bot kak. Ane tidak berbakat wkwkw

    BalasHapus
  7. Ya ampiuunnn keren² semuaa foto²nya Kak Echy,, jd mupeng deh pengen ke sanaa... br liat tulisan Best Ever Day, itu terbuat dr bola² warna-warni ya... cakeeppp... becak air, kebun selada, luvluv deh Budaya Land yaa

    BalasHapus
  8. HIks,, nyesel deh kenapa waktu di Medan kemarin gak sempet ke sana. Padahal kami dah peranh ke restaurannya. LIat artikel ini jadi mupeng kan.

    BalasHapus
  9. Bayar VIP Pass juga cukup terjangkau dengan berbagai sajian yang diberikan di Budayaland. Semoga akhir tahun ini bisa main kemari bareng keluarga.

    BalasHapus
  10. Haha, kemarin ke medan ga main kesini, next time bisa jadi to do list deh ini tempat..

    BalasHapus
  11. ish keren ya yang balon diatas air itu kak ya, ish keren ya tempat ini, akhir tahun libur kesini asik juga..

    BalasHapus

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan

Diberdayakan oleh Blogger.