,

Singapura: Bersenang-senang dan Tak Tidur Kemudian Di Changi Airport


Ketika orang berbicara tentang Singapura pasti yang terlintas adalah patung Merlion, gedung Marina bay sand, Universal Studio Singapore, Garden by the bay dan kecanggihan negara tersebut. Tak dipungkiri memang itulah tujuan orang-orang datag ke Singapura, yaitu untuk berlibur menikmati fasilitas-fasilitas tempat hiburan yang tak disediakan di negara kita Indonesia, kota Medan lebih tepatnya.


Ada Apa Saja di Bandara Changi Singapura.

Jarak Medan ke Singapura hanya 1,5 jam dengan pesawat. Dan banyak tersedia connecting flight diantaranya pesawat LCC Jetstar yang selalu memberikan promo agar anda datang ke Singapura lebih sering, secara dengan jarak dekat dan ongkos yang murah, perbedaan kedua negara dan kedua kota ini sangat mencolok. Saya disini tak ingin membandingkan, ketika saya tepat sampai di bandara Changinya saja saya sudah menganga, melongo dan speechless. Entah kenapa waktu itu saya ingin sekali melihat Jewel, yaitu air terjun buatan dalam gedung tertinggi di dunia, pas sekali saya sampai disana pada malam hari dan memang saya pilih waktu malam karna pertunjukan sound and light di Jewel sangat memukau dan memuaskan. 


Pertama sekali saya sudah lama ingin menginjakkan kaki ke negri singa ini, hanya saja waktu dan izin yang diberikan suami sangat unconditionally, maka saya dapat kesempatan trip ke Singapura sekalian trip ke negara sebelahnya juga yaitu, Malaysia. Maka saya atur itinerary cukup 2 malam dan 2 hari saja untuk di Singapura. Saya memilih untuk tidak ketempat-tempat terkenal, paling juga ke maskot atau trademark negara itu wajiblah ya. Baiklah saya akan cerita dimulai dari malam pertama kedatangan saya di negara ini, akan dirunut sesuai hari-harinya yah


Hari pertama, jum'at 12 juli 2019.


Saya sampai di bandara Changi pukul 7 malam tepat, keliling melihat taman-taman ajaib dalam bandara yang memanjakan mata, serta mencari tahu dimana Jewel, ternyata kita harus keluar dari imigrasi dulu baru bisa kesitu, yah keliling-keliling sampai kaki bengkak, begitu besarnya Changi ini, luar biasa, harga yang pantas untuk menjadi the best airport in the world.


Kirakira inilah highlight saya tentang malam pertama di Singapura :

1. Bandara Changi sangat mewah, besar dan saya sangat lelah untuk berkeliling disana. Sudah sedia bawa minuman herbal Anta**in, bila kecapekan.

salah satu taman di Changi.

2. Jewel itu sangat cantik, entah apa yang ada dipikiran desainernya kenapa dia membuat salah satu keajaiban dunia di bandara Changi. Boleh lihat vlog keindahan Jewel dibawah ini :


foto dari lantai 3, suka sekali dengan lampu-lampunya.
Jewel ini gratis untuk melihat pertunjukkannya ataupun mengambil dokumentasi, nah yang berbayar adalah apabila anda sekalian ingin masuk kedalam Canopy park, ialah taman bermain untuk anak-anak serta dewasa yang berada dekat dengan kanopi si Jewel itu terletak di lantai paling atas Jewel lantai 5, banyak sekali resto atau seperti food court dilantai itu, apabila malam kita akan dihibur dengan pertunjukan lampu serta suara (ada setiap jam tertentu dan berlangsung selama 5 menit), lampu-lampu sekitar taman yang membuat indah, apabila siang hari Jewel juga cantik karna taman dan bunga-bunga disekitaran nampak hidup karna kelihatan warna aslinya tanpa lampu.

3. Spidey spotted, jadi di Singapura masih demam film Spiderman yang terbaru yaitu, Spiderman: far from home, di terminal 3 dekat departure gate ada satu tempat khusus display Spiderman dengan diorama lokasi-lokasi film itu dibuat, serta patung dan juga merchandise, tak jauh dari situ ada taman bermain bertema Spiderman juga khusus untuk anak-anak. Tak lupa dong saya foto-foto.




properti film lengkap di display




4. Water refill everywhere. Semua tau air putih/mineral water itu mahal di sana, jadi saya bolak-balik isi kantongan air (bottle refill) di bandara, mana airnya dingin lagi, ketika saya selesai melihat Jewel pukul 10 malam, dan kelaparan pergilah ke terminal 3 lantai 3 ada restoran Mcd, sangat membantu dikala kaum papa ini memerlukan air minum gratis serta makan hemat dan halal disaat yang tepat. Ya air minum isi ulang itu selalu berada di dekat toilet sebelum pintu masuk. Makan malam di Mcd ini adalah pengeluaran pertama uang SGD (Singapore Dollar) saya. Cuma Burger ayam dengan kentang 7 SGD beib, muahaall.

5. Untuk pertama kalinya saya mengamati pekerja-pekerja "rendah" di bandara adalah orangtua yang umurnya cukup retired tapi mereka masih produktif. Pekerja rendah dimaksud adalah petugas kebersihan di toilet dan porter bandara serta pegawai resto Mcd itu, bisa dibilang sebutannya adalah Uncle-uncle atau aunty-aunty. Entah karna mahalnya kehidupan di negara tersebut mereka harus bekerja atau memang negaranya masih memperbolehkan  umur retired untuk bekerja agar masa tuanya tidak sia-sia, i don't know, saya tak bertanya sampai topik itu. Koq saya jadi malu ya lihat anak muda di negara sendiri males-malesan bekerja. Ahh no comment ahh.

cek juga alasan kenapa bepergian sendirian ke singapura

6. I'm not sleep, seriously. Salah satu cara menghemat saya ini jangan ditiru ya, maklum karena berbujet, kalau saya booking hostel pada malam itu pukul 12 malam adalah waktu yang tidak tepat karna 2 hal, MRT sudah tak beroperasi maka harus naik taksi ke hostel dengan harga yang tidak murah, kedua kalau nginap di hostel, bujet saya berkurang dan juga jam tidurnya jadi nanggung. Maka saya niatkan untuk berjalan-jalan sekitar Changi sampai jam 4 pagi, haahahaha. Pukul 5.30 pagi barulah saya ke kota naik MRT.

Okeh sekian dulu cerita malam pertama di Singapura ini. Pastinya tidak cukup sampai disini, nantikan cerita selanjutnya ya, bakalan seru sih, hmmmm karna masih ada 2 hari dan 1 malam lagi Singapura. See ya.
Share:

25 comments:

  1. Kuat ya Chy gak tidur tapi namanya travelling gak terasa ya kan 👍

    ReplyDelete
  2. biar hemat ya hahaha. setuju.
    btw, memang di sana lumayan mahal-mahal. makan aja mikir cari yang murah dulu. kalau kayak KFC nya di sana mahallll. kalo kayak nasi kari gitu lumayan juga harganya, tapi porsinya edan banyaknya. bisa kongsi 2 orang hihi.

    kalau tempat-tempat yang terkenal itu, harga tiket masuknya mahal kak. dan memang betul kayak yang kk bilang di atas. di sana tempat hiburannya yang banyak. kek awak ke sana, jadi turis misqueen keknya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener semua tergantung niat tujuan kita bepergian itu apa dan ngapain hehe

      Delete
  3. Kalo gak tidur tapi ada kawan kombur lumayan ya kak echy, ini sendiri,, hiks hiks..
    Eh tapi seru kali liat jewel gratis. Biasa Kalo ada acara hiburan serupa di Indonesia kek gitu, pasti berbayar.

    Yang terakhir kemaren yang di lapangan gajah mada bayar sekitar 35 ribu per orang.

    ReplyDelete
  4. Awak gak bisa la gak tidur.
    Klo gak tidur, bsknya ndak jadi jalan, pening kepala euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulh kk entah knp kalo setiap pergi janjalan gini jarang awq sakit, pening pun gak hahaah

      Delete
  5. Dah siap lahir batin berarti mak ecy nih ya...termasuk siap nggak tidur. Kl kk kan cy kl lagi je jalan yang dijaga 2 perut sama tidur...mhihihi...kalau nggak bisa drop kk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kebetulan perutku terjaga kk, makanya pening pun gada pulaknya aq siap sedia antangin kemana pun pergi hahahaha

      Delete
  6. Wow kali ya sampe nggak tidur kak. Tapi emang gitu kali ya kalo jalan-jalan, capek dan sakit hilang seketika. Pas pulang baru terasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuls sampe dirumah 2 hari ga boleh keluar, disuruh pak sum rehat hahahah

      Delete
  7. Wahh. Sangkin tidak mau ruginya ya kak.. Gak apa2lah kak. Pulang juga bisa tidur. Sayang jauh-jauh cuman untuk tidur doang. mending eskplor sekitar ya kan kak. kalo saya dulu backpackeran bahkan tidur di bandara di Mushollanya. ketauan kali orang Indonesianya. hihi

    ReplyDelete
  8. Benar kata pepatah zaman old ya, banyak berjalan maka banyaklah yg dilihat. Nah bu ketua ini selain banyak yg dilihat juga pastinya banyak yg menjadi wawasan. Contohnya ttg orang yang udah tua tp masih produktif aja bekerja (cemana anak mudanya tuh yaa)

    weiss gak sabar lagi menantikan cerita selanjutnya dari Ibu Ketua nih, hehe

    ReplyDelete
  9. Jiwa miqueenku meronta.. pengen jalan-jalan juga. Mungkin nanti pas anak dah rada besar bisa backpakeran biar hemat ya, kayak kk echi.

    ReplyDelete
  10. pengalaman ngebolang kita gak beda jauh ya kak e. dulu awak juga kakinya sampe di koyok cabe in pun gak terasa apapun sangking gempornya jalan disana. mungkin seminggu disana turun 5 kilo juga yakan kak. hahahha. soalnya dijepang 2 minggu awak turun hampir 10 kilo. hahahhha. bisa dijadiin tips cerdik buat menurunkan berat badan ini janjalan ke singapur. hehehhe

    ReplyDelete
  11. Masya Allah. Alhamdulillah. Uda jelong-jelong sampai sono.

    Tidak tidur. Berjaga sampai pagi. Masya Allah. Btw, tidurnya jam jam berapa kak? Besok malam nya atau waktu sudah sampai di kota. Hehe

    ReplyDelete
  12. Mantul kak sampe rela gak tidur di bandara, tapi di sana disediakan sofa buat relaxkan badan ya kak, ngomongin ttg water refil boleh juga tuh klo ada di indonesia secara mengurangi wadah plastik juga kan :)

    ReplyDelete
  13. sepertinya boleh juga di coba nehh tipsnya bermalam di bandara..hehehe, di lihat dari fotonya seperti kaya mall besar yah bandara singapore, mudahan bisa kesana juga..

    ReplyDelete
  14. Keren kali lah kak pengalamannya..salut dengan keberanian kakak yang sendirian berpetualang., dah gitu tanpa tidur di kasur ga sabar mau baca petualangan selanjutnya..

    ReplyDelete
  15. Sepertinya kalau ke Singapura wajib sediakan waktu lebih banyak hanya untuk kelilingi bandaranya. Hebat memang negera yang satu ini, walau termasuk wilayahnya kecil tapi mereka benar-benar mengoptimalkan sumber daya yg ada. Bandaranya saja sudah masuk salah satu destinasi wisata. Ckckck

    ReplyDelete
  16. Wuihhh kaaak, itu mcd sana lbh mahal tp apakah rasanya lbh enak dgn di indo?

    ReplyDelete
  17. Ini luar biasa loh kaak. Udah mah single traveller dan ga tidur pun. YaAllah semoga bisa nyusul main main ke sana jugaa..

    ReplyDelete
  18. Tahun 2009 kesana aja udah happy liat Changi yang W.O.W
    Apakabar sekarang, 10 tahun kemudian hahaha, mana Jewel itu belum ada lagi dulu 😁
    Kalau lagi traveling gak kerasa emang ya kak, capeknya, mau gak tidur, tidur dikit,
    Pulang pulang balas dendam tidur banyak banyak 😂

    ReplyDelete
  19. 1.5 jam deket banget lah ya berati ketimbang aku pulang kampung 😍 kapan2 uut ikut si kak,seru kaya nya berpetualang... Kalau ga tidur mesti jaga stamina kak

    ReplyDelete

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan