Soto Medan, Kuliner Khas Kota Medan

Tak sah rasanya wisata kuliner, tanpa ke kota Medan, apalagi kalau tidak mencicipi makanan khasnya.

Sebut saja soto medan, percampuran rasa yang beragam ada manis, asin, gurih, sedikit rasa asam dan berlimpah bumbu rempah yang sungguh tiada duanya. 

soto sinar pagi, source : travelingyuk.com
Dengan pilihan isian daging ayam dan sapi, apalagi isian populernya yaitu paru, hmmmm enyaakk!!. Soto dengan kuah santan berwarna kuning kehijauan dan taburan bawang goreng diatasnya, ahoyy lemak nian, gurihnya. Dilengkapi dengan seporsi perkedel kentang yang lembut, dicampur perasan jeruk nipis pada kuah soto, dan tambahan krupuk emping, menjadikan santapan ini sejuta rasa. Apalagi ditambah dengan sambal cabe sebagai penambah rasa pedas, serta wangi aroma yang menyeruak seantero warung, ulnala

Menyeruput kuah dari mangkok lalu menaruhnya ke atas nasi panas serta isian soto yang disajikan hangat, alangkah nikmatnya. Rasanya tak cukup memesan hanya seporsi, ingin rasanya tambah lagi dan lagi. Hingga sampai meninggalkan kesan rasa yang masih tertinggal di lidah hingga di kepala.

Santapan khas ini juga tak luput menjadi incaran para pemburu kuliner, maka itu tak heran wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara datang ke kota Medan hanya untuk berwisata kuliner. Soto medan bisa dikonsumsi mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Yang paling terkenal sampai sekarang adalah soto medan dari RM Soto Sinar Pagi, terletak disimpang jl. sei deli, pusat kota Medan. Soto dari rumah makan ini begitu khas dengan citarasa gurih yang menggugah selera, Siapa yang tak pernah mencicipinya, artis-artis ibukota bahkan rela antri untuk mencicipi makanan khas Medan ini.


soto medan isian daging. Photo Source: googlesearch

Dikarenakan ia buka pada pagi hari, mencicipi soto tersebut haruslah datang pagi-pagi agar kebagian tempat duduk, harap maklum, kedai soto yang sudah tersohor ini selalu ramai setiap hari. Dengan harga yang masih lumayan tak menguras kantong. 

Siap-siap dengan citarasa menggugah selera dari Medan kawan-kawan. 

Yuk, kulineran di Medan. Ahoiii.

this article is sponsored by Hotel Soechi International Medan

Share:

22 comments:

  1. duh keliatannya enak banget tuh kaak, kalau aku ke Medan ajak kesini yaahh XD

    ReplyDelete
  2. Dulu pernah di kasih durian dr ucok durian sumpah enak bgt!!!! Apalagi kalo langsung makan disana yaaa

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Semoga nanti bisa jalan-jalan ke Medan dan bisa icip-icip semua rekomendasi kulineran Medan yang ditulis disini nih, bacanya bikin ngiler ❤️

    ReplyDelete
  5. Sotonya beda kalo dibandingin sama di kotaku beb .Lebih rich kayaknya ini ya, aku ngiler dah pagi-pagi lihat ginian.

    ReplyDelete
  6. Kuah soto di medan memang gurih tapi berbumbu sedap bngt. Soto dimana aja ada, tapi medan neh memang enak deh sotonya. Harus bnget di coba.

    ReplyDelete
  7. Nyumiiiii bikin ngiler, Kak.

    ReplyDelete
  8. Soto medan salah satu favoritku hehe dulu disini sering banget makan ini karena papaku lama di medan jadi kangen ama masakannya. Tapi belum pernah coba yg medannya langsung sih kak hehe

    ReplyDelete
  9. Keliatannya enak banget yaa .. Ku jadi laper nih 😂😂

    ReplyDelete
  10. Ya Allah kak, Untung udah sarapan.
    Hampir ngences awak nih, hihihihi

    ReplyDelete
  11. Satu lagi mb des..etnis padang...secara sate sama nasi padang di medan pun juara...hihi...ahhh soto sinar pagi...jadi ngilerrr

    ReplyDelete
  12. Ih favorit kali memang soto sinar pagi ya kak, aku suka soto daging dan paru kalau mampir ke sini

    ReplyDelete
  13. Tp saya lebih suka soto medan buatan saya sendiri kwkwkkwkwkwkwkw...

    ReplyDelete
  14. My fav deh, soto medan rasanya selalu ngangenin. apalagi buatan mamahku

    ReplyDelete
  15. Kuliner di Medan memang nggak ada duanya kak. Bikin ngiler sih soto medannya hehe

    ReplyDelete
  16. Soto medan memang enak bgt kak apalagi kalo makannya pake emping. Saya blm pernah nyobain soto sinar pagi, jadi pengen cobain

    ReplyDelete
  17. Sebagai warna Medan bangga nih punya kuliner khas Medan, soto Medan punya khas tersendiri dengan soto lain yang ada di Indonesia

    ReplyDelete
  18. waaaah jauh dari rumah..... kalo dekat enak juga ni coba disini, dulu pernah juga di ajak kopdar disini sama temen, tapi sayang waktu itu gak sempat jadi belum perah cobain disini

    ReplyDelete
  19. Blh jujur kak, soto Padangsidimpuan lebih enak dari soto Medan 😂😂🙏🙏 dlu 4 thn di medan terbilang setiap hri makan soto Medan krna dekat dri kos, heheh soto Medan jarang ada mienya dibuat cuma toge aja yg bnyak, beda kyak soto Padangsidimpuan mienya ada hihi 😅

    ReplyDelete
  20. Emang soto medan TOP dah, bumbunya lengkap, tapi kalau pribadi tetap lebih suka soto bening tanpa santan

    ReplyDelete
  21. Enak banget makan soto ya... Setelah makan soto, Sepertinya lebih asik kalau ke Hotel Soechi Intl Medan deh sist

    ReplyDelete

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan