Menjaga Asupan Gizi Ibu Menyusui




Menjaga asupan nutrisi pada masa menyusui sangatlah penting, karena seorang ibu membutuhkan vitamin dan mineral yang dapat membantu proses pembentukan energi. Energi bisa didapatkan dari makanan-makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. Akan tetapi, tanpa adanya vitamin dan mineral 3 komponen nutrisi ini akan sulit terbentuk sehingga asupan nutrisi bagi si buah hati tidak dapat maksimal. Jadi, apa saja vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui? berikut saya akan paparkan kepada kalian, bagaimana cara menjaga asupan nutrisi bagi ibu menyusui.

1. Mengkonsumsi Asam Lemak Esensial
Asam lemak esensial sangat penting untuk dikonsumsi karena asam lemak esensial ini berpengaruh bagi tumbuh kembang buah hati. Asam lemak esensial dapat diperoleh pada makanan seperti ikan tuna, salmon, dan sarden tetapi jika kamu tidak dapat mengkonsumsi makanan tersebut, kalian dapat menggantinya dengan suplemen untuk ibu menyusui seperti Folamil yang bisa anda dapatkan di https://www.goapotik.com/produk/folamil-kaplet-box.



2. Menghindari Makanan Dengan Kadar Gula Yang Tinggi
Makanan yang mengandung kadar gula tinggi tidak baik bagi ibu dalam masa kehamilan dan menyusui karena kadar gula yang tinggi dapat menghambat pasokan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Ibu dapat mengganti cemilan kue, coklat, atau bahkan biskuit dengan makanan yang alami seperti kuaci, labu, ataupun kismis.

3. Meminum Air Putih Yang Cukup
Meminum air putih yang cukup akan menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi, serta dapat menjaga jumlah dan kadar produksi pada ASI. Sebaiknya ibu meminum air putih minimal 8 gelas perhari atau sekitar 2 liter perhari agar kebutuhan cairan dalam tubuh ibu tetap terpenuhi. Kalian juga bisa meminum jus yang sehat dan buah-buahan.

4. Memenuhi Kebutuhan Vitamin D
Konsumsi vitamin D sangat diperlukan bagi ibu pada masa kehamilan dan menyusui karena vitamin D dapat memenuhi kebutuhan nutrisi penting bagi tubuh dan mencegah buah hati dari risiko penyakit tulang.

Nah, seperti itulah cara menjaga asupan nutrisi yang baik bagi ibu menyusui yang dapat ibu terapkan apabila sedang  dalam masa kehamilan atau menyusui.



Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan