Sesinema : Komunitas Nonton dan Diskusi Film di Medan



Sebuah terobosan. Meskipun sudah menjamur komunitas film di kota Medan tapi yang bertahan hanya segelintir. 

Adapun komunitas film baru ini bernama Sesinemaa, dikarenakan pencetus ide ini adalah salah satu tim dari KKM, ia menggawangi ide ini karena sebagian masyarakat yang doyan nonton hanya sekedar menonton, setelah itu selesai, dia punya pemikiran bahwa setiap film yang ditonton punya makna dan bahasan tersendiri yang enak untuk diperbincangkan atau didiskusikan.

Maka itu, Sesinema hadir sebagai komunitas movie screening and movie discussion, bukan komunitas pembuat film seperti yang ada kebanyakan. Tapi tidak dipungkiri akan membuat film suatu hari nanti dengan kolaborasi dari beberapa pihak.

Launching pertama dari Sesinema telah berlalu yaitu pada tanggal 15 februari dengan menayangkan film : Marlina Pembunuh Dalam 4 Babak. Serta diundangnya pemantik diskusi dr. Daniel selaku pengamat film yang sudah terkenal di Medan dan Avena Matondang sebagai Antropolog yang melihat sudut pandang budaya dari film ini.

Tak lupa pihak yang membantu terwujudnya pemutaran film ini juga seluruh tim dan AF sebagai official partner for venue yang rela tempatnya kita pakai.

Pada saat pemutaran film, sungguh sangat menyenangkan, dimana kita memutar film lewat aplikasi berbayar Hooq, karena ada sedikit terkendala perihal izin, dan itu sudah diatasi dengn baik. Peserta yang full house dan aktif sampai acara selesai.

Acara yang digelar semua free, meskipun ada sedikit kudapan untuk menambah kesan santai dalam acara yang dibagikan pas saat diskusi dimulai. Saya sendiri berperan sebagai moderator dalam acara tersebut. Yah, bagaimanapun saya senang sekali akhirnya ada juga orang yang perduli dengan film apalagi mengupas materi-materi film yang kami suguhkan.

Untuk kedepannya PJ (penanggung jawab) dari Sesinema ini akan berkolaborasi dengan komunitas Medan Membaca, komunitas buku di Medan, sekiranya screening film berikutnya juga tak jauh temanya dari buku. Acara ini akan berlangsung di sebuah cafe dengan organize acara oleh mereka sendiri, jadi Sesinema hanya sebagai fasilitas pemutar film saja. Tapi tak mengapa dari sini mungkin harapan saya, Sesinema akan berkembang dan terus berkembang, tim yang bekerja untuk Sesinema juga kompak dan akrab.

Dan event selanjutnya dari Sesinema akan hadir dalam waktu dekat dibulan maret juga, mirip seperti launching perdananya akan ada pemantik diskusi yang hadir, tapi belum dirampungkan karena film juga belum ditentukan. Semoga ramai seperti Sesinema 1 kemarin. Amin.


salah satu peserta yang aktif dalam kegiatan diskusi film setelah film diputar.

suasana diskusi 


Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan