,

Kebun Madu Efi, Wisata Kebun Bunga dan Madu di Tanah Karo.





Halo,, bagaimana menghabiskan akhir pekanmu, kawan ceritajalan. Saya sendiri hari minggu kemarin seperti biasa menghabiskan weekend bersama keluarga, kebetulan pak suami off, maka berjalan lah kami ke destinasi wisata alam terbaru dari tanah tinggi karo di Kabanjahe, yang katanya ada sebuah kebun bunga warna-warni bak diluar negri sana, karena penasaran berangkatlah saya naik motor (lagi)dengan suami, jaraknya juga tidak terlalu jauh dari kota Medan. Kami menyukai daerah wisata yang bertema alam, tapi saya tak bisa lagi naik gunung, dan tidak juga ke pantai entah kenapa panas matahari menyakiti kulitku, padahal kalau ditelusuri, laut adalah bagian masa kecil saya.

Baiklah saya kenalkan tempat itu bernama Kebun Madu Efi, adalah sehamparan kebun bunga yang dikelola untuk menghasilkan madu alami dari lebah-lebah yang sengaja diternak dipenangkaran mereka. Karena madu-madu tersebut dihasilkan dari berbagai bunga yang ditanam di daerah kebun mereka maka pihak pengelola sangat bergantung pada bunga-bunga tersebut. Nah pengunjung yang baik hati harusnya paham untuk tidak menginjak-nginjak bunga cantik yang sudah ditanam itu. Waktu saya kesana beberapa bunga cantik yang saya lihat di instagram mereka (MADU EFI) sudah tak ada, mengapa? yah karna pengunjung tak bertanggung jawab sudah merusaknya. Padahal peringatan serta jalur khusus untuk melihat bunga dari dekat sudah disediakan. Saya geleng-geleng kepala. 

Fasilitas wisata ini tidak hanya menyediakan kebun bunga untuk memanjakan para instagramer tapi ada juga fasilitas camping ground, dengan adanya tenda-tenda cantik yang disediakan untuk yang suka bermalam dengan aman. Untuk lebih lanjutnya bisa lihat silahkan cek disini klik.

Kesan pertama begitu sampai dilokasi tujuan, saya kagum, kagum dengan yang mengelola, mereka punya perspektif lain dari potensi wisata dengan membangun kebun ini. Di satu sisi memanfaatkan kebun bunga yang cantik untuk wisata selfie tapi juga untuk asal-muasal si lebah menghasilkan madu untuk dijual langsung oleh kebun itu. Apalagi dengan adanya camping ground yang lebih menjual wisata sunrise dan sunset nya apabila kawan-kawan mau menginap di kawasan ini. Sama seperti tempat wisata yang sudah pernah saya ulas sebelumnya disini .

Daerah kebun ini berada satu jalur dengan puncak 2000, dan arah ke lokasi Siosar, seperti biasa saya datang kesana masih dipandu oleh mbah gugel map, secara kami juga baru pertama kali kesana jadi butuh petunjuk. Selain petunjuk Tuhan kami juga butuh petunjuk jalan. Jarak waktu tempuh dari mulai rumah kami di Medan deli menuju lokasi Madu Efi hampir 100km dengan 3 jam perjalanan tanpa singgah, dikarenakan kami berangkat tepat pukul 9 pagi dan sampai dilokasi pukul 1 siang, kami singgah hanya 1 tempat, yaitu di rumah makan daerah Kabanjahe untuk makan siang. Tak lama setelahnya tibalah kami di Madu Efi.


Ohya, untuk kebersihan pihak pengelola sebenarnya sudah maksimal, dengan menyediakan tong sampah serta papan peringatan dimana-mana, hanya saja kewarasan pengunjung ini tak juga sadar akan kaidah-kaidah kebersihan sebagian dari iman, masih tampak bagi saya mereka membuang sampah seenaknya disekitaran bunga-bunga cantik itu, huft, menyedihkan. Banyaknya papan peringatan seperti untuk tidak merokok dikawasan kebun, tidak membawa dan menggunakan narkoba, tidak membawa senjata tajam, serta menjaga kebersihan.

Persiapan Penting :

1. Bawa snack dan minum sendiri, kantin tersedia tapi selalu penuh
2. Datang dihari weekday, karna lebih sepi, lebih puas lagi foto-foto
3. Hujan tidak terprediksi, biasanya diatas jam 3 sore selalu mendung, maka itu datanglah lebih pagi dan sedia payung untuk berjaga-jaga.
4. Pakai pakaian yang nyaman dan hangat
5. Pakai sepatu yang nyaman, dan kalau bisa yang tidak licin
6. Bawa pulang sampahmu sendiri.


Berikut adalah hasil hunting foto disekitaran lokasi kebun Madu Efi. Tidak ada fotografer selain kami berdua. Saya sengaja memilih lokasi yang jarang pengunjung melewatinya, mungkin kalau kawan sekalian melihat feed atau story di instagram Madu Efi, mungkin foto-foto pengunjung lebih jamak dikawasan bunga-bunga, kalau saya lebih memilih alternatif lain. 


papan di pintu gerbang

hanya 5000 rupiah perorang tanpa biaya parkir lagi.




salah satu papan peringatan disekitaran camping ground.




tenda yang disediakan, ada beberapa jenis, untuk 2 org sampai ber enam.

ketika angin berhembus sejuk, memang sengaja bawa properti untuk foto yang epic, hehe.

lokasi tenda-tenda 


gaya teranyar dari kami berdua tanpa bantuan fotografer dan pengarah gaya, alhasil hp diletak pada batu dibawah kami dengan menggunakan timer.

foto diambil dari lokasi dekat penangkaran lebah, agak lebih tinggi dari kebun


hanya satu kuda yang dipamerkan hehe.












sesungguhnya saya sungguh degdegan untuk menyentuhnya langsung.







Sekian ulasan saya mengenai tempat ini, saya suka, mungkin dilain waktu saya akan coba untuk menginap di camp ground nya, untuk sensasi lain dari tempat ini. Terimakasih kepada Awanethnic kain tenun etnik yang telah menjadi penambah properti epic yang saya pakai untuk berfoto.



Share:

18 comments:

  1. Wah,enak juga punya madu ya...

    ReplyDelete
  2. Jd ngebayangin bunga-bunga itu bermekaran. Pasti cantik banget ya, mbak. Semoga para pengunjung berikutnya lebih well educated ya.

    ReplyDelete
  3. Mengasyikkan bangeettt bisa traveling ke sini
    Aku juga mauuuu
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen kesana. kak untuk camping berapa ya biayanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan klik bait yg ada tulisan stabilo nya kak

      Delete
  5. Ya ampun tempatnya cantik bangeettt. Keliatan masih hijau, cocok buat refreshing nih. Ingin kesanaaa.

    etherealpotato

    ReplyDelete
  6. Indahnya 😍😍 asri, kek sejuk banget deh coba deket pen kesana

    ReplyDelete
  7. Wah. Uda nyampe sini aja ya kak.. Kece ternyata tempatnya yah..

    ReplyDelete
  8. Untuk refreshing boleh juga nih tempatnya, sekalian menenangkan diri dari kepenatan rutinitas harian kita. Tendanya juga mantap banget desain nya

    ReplyDelete
  9. Pengunjung yang gak bertanggung jawab harusnya kena denda aja, biar kapok..

    Tuman..
    ehhh

    ReplyDelete
  10. Tempatnya bagus ya,,sepertinya yg mengelola benar2 profesional ya kak

    ReplyDelete
  11. berapa tuh kemping di situ mba desy?

    ReplyDelete
  12. Dapet aja tempat wisata bagus ni mbak2. Ditunggu teview destinasi barunya mbak.

    ReplyDelete
  13. Tempat wisata bagus, kak, bisa jadi inspirasi.....

    ReplyDelete
  14. Kalau bawa anak2 n orang tua gimana mb des ke lokasi ini?

    ReplyDelete
  15. Tempat yang menarik untuk dikunjungi. Semoga para pengunjung bisa menjaga kebersihan lokasi itu. Biar pemiliknya tetap mengijinkan lokasi untuk dikunjungi

    ReplyDelete
  16. Keren kak tempatnya, tp penasaran berapa ya budget semalem di camp nya. Oke banget buat ngisi waktu sama temen

    ReplyDelete
  17. Madu Efi ini madunya si Efi.

    Kak, kog beda ya dengan photo photo di medsos? Kan banyak bunga-bunga disana. Apa karena ga berbunga ya?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan