Tuesday, August 8, 2017

Apa yang disiapkan sebelum liburan akhir tahun.

Travelling or solo bacpacker for woman,,,,,
as you know before you go, you must full preparation for whatever happens, karna kita ga tau apa yang akan terjadi di jalan atau dimanapun. dibawah ini ada beberapa kiat tips dan trik dari pengalaman saya yang harus kita siapkan yaitu :


planning :

1. tujuan : sudah harus pasti tahu tujuan kamu mau kemana, misal dari medan ke bandung,,,
2. kapan : kapan waktu yang tepat untuk pergi, apakah high season atau hari biasa supaya ga terlalu rame, dan mahal atau kapan waktu cuti di approve bagi pekerja.
3. transportasi : kira2 kalu sudah tau tujuan mau kemana, kita harus tahu mau naik apa untuk sampai ke tujuan, apakah pesawat, naik kapal, kereta, atau bus.
4. mau ngapain  : tujuan traveling kadang berbeda orang per orang, kadang cuma mau jalan-jaan keliling kota atau pergi kegunung, wisata itu banyak macam, ada wisata belanja, wisata budaya, wisata sambil bisnis dan saya prefer citywalk tour.
5. tinggal dimana : penginapan ada banyak jenis  ada hotel mewah, hostel, motel atau numpang di rumah teman atau sodara yg ada dikota tujuan kita.
6. uang : nah ini udah pasti harus punya karna adalah faktor penting sekali, kalau ini tidak punya lebih baik gausah kemana2 krn apa, bakalan nyusahin orang hehe, terkecuali budget backpacker kayak saya. ada baiknya kamu tahu sumber dana kamu darimana, misal tabungan tiap bulan, sistem arisan asal jangan pinjam duit orang karna apa, akan memalukan sekali kawan.

contoh planning di kasus saya : tujuan ke bandung bulan oktober, dari medan sudah pasti naik pesawat pergi pulang, sampai sana keliling kota naik bus atau angkot dalam kota atau jalan kaki, nginap numpang rumah sodara selama 3 hari, berapa uang yang cukup untuk dibawa selama perjalanan, kira2 diperhitungkan, biasanya bujet paling banyak itu untuk makan dan beli oleh2.

pra preparation : setelah tau tujuan, ngapain, naik apa, kapan dan tinggal dimana, baiknya langsung kita perhitungkan semuanya, karna saya adalah freelancer tulen maka waktu terbaik untuk pergi terserah kapan saya bisa.

1. beli tiket : cari tiket murah dari 6-8 bulan sebelum keberangkatan, saya cari tiket murah PP medan-bandung dari bulan februari untuk keberangkatan di bulan oktober, sekitar 1,2jt ongkos PP pesawat uangnya saya dapat dari sistem arisan yg kebetulan pakai sistem nomor, jadi saya tau kapan uang arisan saya keluar maka langsung saya beli tiket dan lanjutkan planning untuk traveling,
2. terus untuk bujet selama di kota tujuan, februari ke oktober itu ada 8 bulan lagi jadi saya menabung tiap bulan sekitar 300rb perbulan x 8 bln = 2,4jt rupiah uang yang dibawa selama di bandung.
3. 1 bulan sebelum berangkat saya telpon sodara saya yang di bandung, untuk memastikan bahwa dia siap untuk saya tumpangi selama beberapa hari. (note: siap jg untuk tau diri gak numpang sembarangan, bersihkan tempat tidur kalau bangun, atau nyuci piring dan nyapu2 dikitlah dirumahnya minimal)
4. jalan jalan sekitar, dimana zaman yg semakin canggih dan mudah ini disetiap hp ada internet jadi jangan bodoh, cari, search google, googling tempat atau lokasi wisata yg hips di bandung, tempat makan atau tempat beli oleh2 kalo kesasar tanya google map, order gojek, atau kalo kuota habis, tanya orang sekitar, supir angkot kek, tukang parkir atau siapa aja lah. kalo uda sampe jgn lupa foto2 yah.. hihiii

udah gitu aja, pulang lah pada waktu yg tepat karna kalo tidak, anda akan ketinggalan pesawat, dan siap2 keluar duit lagi utk beli tiket lagi,,,,

NB : banyak cara untuk bisa punya uang untuk jalan2, tergantung kemauan, atau kebutuhan prioritas, kalau saya memang prefer travel more than had a gold, so yah beda2 orang,

misal di awal tahun atau bulan januari punya planning trip ke luar negri ya hitung lah yg paling dekat dari medan itu ke penang ya, untuk beli tiket ke penang dari medan rata2 harga PP bukan promo ya itu sekitar 650rb,  itu bisa menabung 5rb sehari sebulan jadi 150rb ditabung ke bank atau celengan jadi uang nya bisa ga ke pake, dalam 5 bulan udah bisa itu dibeli tiketnya, nabung 2 bulan lagi untuk ngurus passport, terus nabung lagi selama 4 bulan sekitar 250rb per bulan, jadi selama disana bisa bawa 1jt, akhir tahun udah bisa tuh liburan ke luar negri hehe cukupkah,,, cukuppp,, liat postingan saya sebelumnya,,,Disini

Salam jalan... Semoga bermanfaat..

Echy

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan