Monday, May 14, 2018

Tips dan Trik Cara Lulus Menjadi Volunteer di Asian Games 2018




Halooo, anak muda kreatif, kali ini saya akan share tips dan trik bagaimana pengalaman ikut test untuk menjadi volunteer di Asian Games 2018, mudah-mudahan ini berlaku untuk semua ajang ke-volunteer-an ya, hehe, so chek this out.


Pertama sekali kalian harus mempersiapkan diri, mental, tenaga, dan uang untuk mengurus semua atribut pendaftaran yang diminta, udah tau kan dimana kita mendaftar menjadi volunteer AG18, yups ada di website resminya guys, ingat untuk pendaftaran GRATIS. Setelah semua yang diminta kita harus siapkan file nya dalam komputer, maka langsung saja ikuti langkah dibawah ini.

1. Isi form dengan benar

Punya email, baca petunjuk di website resminya, isi data dengan benar sesuai identitas resmi pilih venue kota dan yang terpenting isian form bagian hardskill dan softskill serta motivasi, pengalaman, dan keahlian, scan semua piagam penghargaan yang ada di rumah kamu. itu dibutuhkan. Tunggu sampai kamu di email lagi, untuk tahap ujian dan artinya kamu lulus berkas pendaftaran.

ISI EMAIL UNTUK IKUT PSIKOTEST


2. Ikuti ujiannya, yang pertama ada Psikotest dan FGD

Datang tepat waktu dengan lokasi yang sudah ditentukan dengan pakaian yang juga ditentukan ada yang tertulis maupun interview, disini kamu diberi pertanyaan yang memang harus kamu jawab jujur, tidak mengada-ngada, atau melebih-lebihkan, kalau yang psikotest tertulis itu ada 2 jenis pilihan ganda 2 set, lanjut di test interview, hati-hati dengan pertanyaan menjebak, ada 3 pertanyaan utama : CERITAKAN DIRI ANDA, ALASAN KENAPA MAU JADI VOLUNTEER, DAN KENAPA KAMI HARUS MEMILIH ANDA MENJADI VOLUNTEER, setelah itu kita dikelompokkan, 1 grup ada 6 orang unutk diuji dalam Forum Group Discussion dan diberi simulasi masalah, bagaimana kita menyeleaikan masalah dan mendapat solusi.

3. Test bahasa

Sebelum memulai test kita disuruh mengisi formulir kembali secara manual, setelah tes semua itu selesai kita akan ditanya tentang syarat utama yaitu bisa bahasa asing, terutama bahasa Inggris, tenyata testnya tidak tertulis melainkan interview with english, so you must show your capability how you can communicate english with influent, untuk Grammar sepertinya tidak diperhatikan, hanya saja kamu juga harus mengerti dan paham dengan maksud kalimat yang sedang dibicarakan.

4. Tunggu kabar

Nah kabar harap-harap cemas menunggu jadwal yang tidak pasti ini, membuat kita memilih prioritas waktu, secara banyak juga orang bekerja yang ikut menjadi volunteer, dan pihak panitia AG18 mengirim email pada 2 hari sebelum training 1, nah kalau kamu lulus ditahap ujian tadi dan kamu di email untuk ikut training, dan kamu datang, artinya adalah kamu sudah menjadi volunteer di event AG18, selaaammmmaaatttt. Kamu adalah orang yang berhasil melewati tahapan jaringan yang masuk dengan saingan lebih dari 30ribu orang menjadi 11000 orang.





Anyway, saya adalah salah satu yang termasuk lulus ke tahap training 1, yaitu tahap training NOR (nilai-nilai olahraga), dikarenakan suatu hal yang lebih urgent saya memilih mengundurkan diri, 
fyi, ketika saya menuliskan artikel ini, airmata saya berlinang, senang sekaligus sedih, senang akhirnya saya lulus karna diawal pertama kali mendaftar saya adalah orang yang paling semangat untuk ikut menjadi saksi sejarah dikala saya terpilih sebagai volunteer, tapi nasib berkata lain, saya harus mengundurkan diri, tidak semua kesempatan saya ambil, Tuhan kasih saya kesempatan untuk merasakan semangat berjuang dan harus membagi semangat ini ke kawan-kawan muda sekalian, agar sikap nasionalisme kalian tertanam dengan baik, karna ajang ini adalah taruhan nama bangsa. semoga dengan membagi artikel ini kalian tetap semangat mendedikasikan diri untuk negara. Merdekaaaa.


NB : Silahkan tanya-tanya di kolom komen ya. 


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah memberi komentar dengan sopan