backpacker jalur pertemanan hanya 3,7 jutaan di 4 kota indonesia

Sebenarnya sudah lama sekali tulisan ini dibuat tapi secara sok kesibukan melanda jadi dan blog lama saya udah ntah dimana akhirnya saya membuat blog baru yg focus terhadap dunia jalan2 saya, oke, dimulai dari keinginan  seorang istri yg punya hasrat menjadi backpacker dan menaklukan limitless seorang perempuan yang keliatan nya lemah dan manja, dan terlalu banyak info perjalanan selalu dari pulau jawa sana, dan sedikitnya literasi perjalanan seorang perempuan bersuami yg memulai perjalanannya dari kota medan, maka saya ingin memulainya kalopun sudah ada yang membuat ya gapapa juga toh dari persepsi pengalaman yg berbeda.. ok baiklah

2015 september.
Adalah awal dimana kegiatan ini menjadi kecanduan, untuk melancarkan aksi saya ini dibutuhkan planning yg matang so, 2 bulan sebelum keberangkatan saya sudah memikirkan, menulis dan action planning saya baik-baik, and thanks a lot for www.traveloka.com, www.kereta-api.co.id, and www.google.com tanpa kalian saya mungkin kesasar entah kemana.

Pertama, palembang 19 september 2015 sabtu.

Perencanaan yg matang, tujuan mau kemana dan ngapain, kebetulan saya memang ada agenda utk belajar makeup krn job saya memang sbg makeup-artist maka saya lihat ada kegiatan di kota pertama yg tidak pernah saya duga akan menginjaknya yaitu, palembang, kenapa pilihan jatuh dikota itu krn saya ikut course di fave hotel palembang, ada teman waktu di kampus sebagai pilihan gratis akomodasi paling tidak numpang menginap lah... dan jalan 2 hari.. jadi seperti ini kira2 estimasi dan agenda jalan saya,,, and thanks to vivi and friends as my host who guided me to right way in palembang hehehe

Biaya : day 1 Rp. 690.0000
1. beli tiket one way from medan to palembang sekitar Rp. 650ribuan from www.traveloka.com (1 bln sebelumnya) pesawat www.airasia.com
2. dari rumah diantar suami sampai stasiun bus damri di carefour plaza medan fair jam 4 pagi beli tiket bus Rp. 20rb  menuju bandara kualanamu medan

di bandara KNO mau berangkat

3. pesawat landing di palembang sampe jam 09.00 telpon vivi krn dia akan menjemput tak lupa pula pesanan dia kue bika ambon, katanya uda 2 tahun ga pernah makan itu.
4. langsung ke favehotel utk ke acara course saya, barang2 dibawa pulang sama vivi utk diletakkan di kos nya, dan acara berlangsung sampai jam 5 sore
5. siap acara langsung dijemput vivi, dan makan tekwan palembang ditraktir dia.
6. malamnya vivi dan teman2 menjemput kami di kos vivi dgn mobil utk makan bareng di kafe tempat gaulnya anak palembang katanya beli cemilan sekitar Rp. 20rb

20 september 2015, minggu
Biaya : day 2 Rp. 160rb
Ditanggal ini pas sekali hari minggu, nah kalo orang2 palembang setiap hari minggu pagi itu, olahraga bersama keluarga ramai2 ke stadion jakabaring itu loh tempat mess dan pelatihannya atlet2 PON Indonesia, kegiatan ini sama halnya kalo di medan seperti kegiatan minggu pagi di lapangan merdeka.
11.  Pukul 08.00 teman2 vivi mulai menjemput keliling kota palembang masih sepi, melewati jembatan ampera dan sungai musi menuju gelora sriwijaya aka jakabaring
arena olahraga minggu pagi kaum urban palembang

22.    Pukul 09.00 kami sarapan martabak har, ituloh yg dalamnya telur tapi siram kuah kental harga Rp. 15rb
33.   Sampai siang kami kelilingi gelora itu foto-foto, kapan lagi bisa kesitu ya kan, hingga pukul 13.00 akhirnya perut kelaparan keluar dari jakabaring menuju rumah makan sop yg katanya terkenal di situ, makan siang Rp. 50rb
ini si vivi

44.  Terus ke alun2 kota dekat dgn benteng kuto besak palembang di depan sungai musi, berfotolah saya dengan background asap kabut dan jembatan ampera yg terkenal itu.
liat tuh kabut asap tebal

55.   Jajan-jajan sore dekat danau buatan sekitar Rp. 35rb

danau buatan di dalam kompleks jakabaring

66.  Makan mpek-mpek sangat murah tapi terlalu enak untuk diceritakan per buah hanya 800 rupiah, saya pun makan sepuasnya eits ditraktir vivi so this is free supper hehe
77.  Sudah hampir magrib maka pulang lah kami dan diturunkan depan kos vivi, beli paket internet yg sudah mau habis sekitar depan kost seharga Rp 20rb
88.  Jajan malam di alfamart sekitar Rp. 40rb persiapan bekal utk besok pagi sebelum berangkat ke kota selanjutnya.
Fyi : waktu saya ke palembang adalah bencana asap kabut terbesar di indonesia, hampir waswas juga bakalan tidak berangkat krn jauh hari sudah beli tiket dll. Alhamdulilah akhirnya Allah mengizinkan utk bisa kesana dengan selamat. Dan gamis ijo itu saya tinggalkan utk kenang2an  vivi.

Kedua, jakarta 21 september 2015, senin

Biaya : day 3 Rp. 635rb
1.       Pukul 08.00 pagi siap2 ke bandara sultan mahmud badarudin II diantar vivi yg buru2 naik motor krn mau berangkat kerja sekalian ke kantor nya.
miniatur rumah adat palembang di dalam bandara SMB II

2.       Pesawat saya menuju jakarta take off jam 11, saya menghubungi teman lagi si mita untuk berjumpa di hari itu, dsn dia bisa pukul 5 sore krn baru plg kerja jam segitu.
3.       Saya beli tiket dari palembang ke jakarta lagi dari www.traveloka.com pesawat nam_air, sekitar Rp. 410rb, sampai di cengkareng pukul 12 siang, langsung saya beli tiket damri begitu keluar dari bandara menuju stasiun gambir sekitar Rp 40rb.
4.       Saya salah stasiun kereta, seharusnya saya ke stasiun senen krn akan melanjutkan perjalanan berikutnya, akhirnya saya istirahat di st. Gambir dan makan siang di KFC sekitar Rp. 30rb.
5.       Lalu saya pesan gojek, yg pasti gara2 ini saya install dan daftar dlu di www.go-jek.com, saya order ke tujuan yg seharusnya yaitu stasiun senen, dari st. Gambir ke st. Senen sekitar Rp 20rb
6.       Pukul 14.00 saya sampai di senen, lapar kembali saya jajan sambil nunggu mita utk meet up di senen jam 5 sore, beli donut sambil duduk santai bawa carrier yg berat itu saya ketemu orang2 baru dari jawa sana yg ingin berangkat dari st. Senen, jajan sekitar Rp. 20rb
7.       Ketemu mita kami ngobrol sebentar, lalu magrib tiba dan kami menuju atrium plaza senen utk dinner sebentar makan ramen, sekitar 40rb kami ngobrol sampe jam 9 mlm.
8.       Lalu kami kembali ke st. Senen, mita mengantar saya sampai cetak tiket KA sendiri di mesin print e-ticket dan gerbang keberangkatan, beli tiket jauh hari dan promo dari KA jakarta- jogja hanya Rp. 75rb. Kereta ekonomi bogowonto pasar senen jkt-lempunyangan jogja. Berangkat pukul 21.45 pas

suasana di dalam kereta ekonomi menuju jogja
suasana pukul 11.30 malam

Fyi : kinerja kereta api di indonesia terus berbenah diri terbukti dgn adanya sistem online yg memudahkan perjalanan orang2 tanpa harus antri dan desak2an dgn tempat duduk dan jam keberangkatan yg diatur sedemikian disiplin. Saya salute, perjalanan jauh itu lebih baiknya saat malam jadi 12 jam di KA yg ekonomi itu tidak terasa apalagi tempat duduknya tegak lurus dan belum nyaman ituh hehehe.

bersambung....

backpacker jalur pertemanan hanya 3,7 jutaan di 4 kota indonesia backpacker jalur pertemanan hanya 3,7 jutaan di 4 kota indonesia Reviewed by Ceritajalan.com on Agustus 07, 2017 Rating: 5