penang 2016, hanya 1,5 juta rupiah saja

jadi neh ceritanya saya udah buat paspor dari tahun 2014 awal tahun baru karena ngeliat ais jg ngurus passport lewat online, secara waktu dia buat saya jg yg ngasi tau link web nya www.imigrasi.go.id jadi semua udah jelas di site tersebut mau buat paspor atau yg lainnya, semua sudah lengkap syarat secara online lebih mudah karena ga usah capek2 antri dari jam 5 subuh lagi, tinggal pilih mau kapan kita di interview dan bayar ke bank bni terdekat, waktu itu sekitar Rp. 255rb biayanya,,, coba lah buat secara mandiri jangan mengandalkan calo, karena peraturan ketat, bila ketahuan kena sanksi penjara. ikuti aja pelan2 prosesnya,, saya juga berpikir akan lebih mudah aja kalo ada urusan apa2 di negara ini, ya sedia payung sebelum hujanlah,,,

so, jadilah saya nunggu wawancara dan foto di kantor imigrasi medan yg di jl, gatot subroto,, pas di interview pertanyaan umum nya adalah mau kemana, ngapain udah itu aja, foto senyum dikit lepas kacamata,,, setelah 3 hari dari interview tersebut saya di sms utk mengambil passport yg udah jadi, tidak boleh telat ambilnya, tandatangan dan voila,,, jadiii,,, dan masa berlaku 5 tahun dari tanggal di buat,, saya buat 2014 bln 1 ya expired nyaa tahun 2019 bln 1 jg, begitulah kira2...

masalahnya adalah saya mau kemana dengan passport itu,, hehe gak tau, yg penting punya aj, manatau suami mau ngajak jalan ke luar negri (LN) ngarepp,,,  2 tahun berlalu dan tercetuslah kalimat "ais ku koyak ajalah pasport ku itu, lagian ga tau mau ngapain sama itu" ais pun bilang yaudah ayoklah kita pergi biar ngerasain LN gimana gausah jauh2, secara ais udah berpengalaman ke malay bolakbalik krn urusan pekerjaan, 2016 harus jadi ini kita pergi, dalam hati tahun ini harus sudah keluar negri paling tidak ter cap jg pasport itu sekali seumur hidup,, dasar katrok.

bulan april 2016 liat email dari www.airasia.com ada promo 0 rupiah atau kursi gratis,, maka saya pun berburu tiket murah lagi2 book dari www.traveloka.com via applikasi, dan saya coba liat kalo berangkat bulan 10 itu harganya jadi 495rb PP, jadilah saya hubungi ais dan dia mau, maka kami pun membeli tiket itu secara PP mulai berangkat tanggal 12-14 okt, 3 hari 2 mlm, cukuplah, saya pun buka buku2 tentang travel and i got inspired by claudiakaunang dari bukunya yg berjudul 2jutaan keliling thailand, malaysia,dan singapore, saya buka halaman di bab Penang, kemana aja dan ngapain aja, semua sudah saya arrange sedemikian rupa,, sampai book hostel di www.booking.com via applikasi jg, kenapa saya pilih book disitu karna bisa bayar ditempat, cash, tidak perlu kartu kredit dan tidak perlu uang muka, malah gratis cancel lagi semua nya saya tulis di agenda dan minta izin suami,,,,akhirnya tinggal nunggu bulan 10.

waktu pun berlalu dan kami pun nabung masing2,,, masih ada 5 bln lagi menuju hari H,, bulan puasa saat hangout sama ais dan dea,, buka puasa bareng, ceritalah kami kalo mau pergi vacation ke penang, iseng2 ajak dea, eh itu anak mau aja, karena dia juga ada pasport yg nasibnya sama dgn saya,,,untungnya dah lama kenal jadi udah tau aja sifatnya enak diajak jalan, krn berteman kalo bepergian mesti hati2, belum tentu cocok krn tujuan sama jd gak boleh egois. dan dia pun sibuk langsung cari tiket yg tanggal dan jam berangkat dan pulang nya sama dengan kami, kalo bisa pesawat yg sama, akhirnya dapat dan lumayan bisa ketawa2 dan foto rame2 juga serta share bayar kamar hostel.

12 oktober 2016, rabu

hari yg ditunggu tiba, seminggu sebelumnya kami sudah pack apa aja kira2 yg dibawa, dan yang pastinya adalah uang hehe, tukar mata uang saat itu 1ringgit sekitar 3210 rupiah, saya krn niatnya backpacker cm nukar sekitar 1 juta rupiah saja sekitar 340MYR, saya mau membuktikan apa kata buku claudia, cukupkan untuk 2 hari saja saya pikir.

1.  pukul 13.00 rabu siang kami janjian utk jumpa langsung di stasiun damri carefour plaza medan fair menuju bandara KNO harga tiket hanya 20rb saja, dan suami mengantar sampai situ aja, jam 3an kami berangkat dari bus menuju KNO, bye2 sama suami,, see u 2 days more beib, oiya jam depature kami sekitar jam  17.30 WIB dan sampai penang jam 19.00 waktu setempat,,

selfie pertama di lounge nunggu pesawat kepo baru pertama x di keberangkatan luar negri wkakaka

2. jadi ceritanya telah sampailah kami bertiga dengan selamat di bandara internasional penang, jam 19.30 kira2, begitu turun tangga keluar udah banyak counter yg jual kartu simcard setempat dengan harga lumayan lah 30MYR, kami beli masing2, dan aktifkan kartu,,, ceritanya kami semua gada yg bawa begasi secara hrg pesawat PP tadi tanpa begasi jadilah pada bawa tas gendong semua ahaha menghemat waktu krn tidak perlu nunggu bagasi di bandara. jam 8 mlm trus bingung, dari bandara ke hotel naik apa, ais bilang biasanya dia naik taksi, saya berpikir juga pasti mahal naik taksi di malay apalagi gada argonya, so saya download applikasi www.uber.com untuk memudahkan perjalanan berikutnya, okey keluar bandara langsung order uber, dan ga berapa lama muncullah mobil yg cukup sama kami bertiga yg langsing2 ini, bawaan jg ga banyak, kami telpon hostel dgn no kartu malay td, bahwa mgkn kami sampai hostel jam 10 mlm atau late chekin. secara bandara dan hostel lumayan jauh ya,, dari lepas bayan ke daerah georgetown, yaps tujuan kami adalah georgetown herritage city. biaya uber sekita 33MYR bagi 3 org 11MYR/org lebih murah kan.

3. pukul 10.00 malam waktu setempat, setelah saya baca2 brosur di hotel bnyk memberikan info kalau wilayah itu mirip2 dgn kota medan malah ada perjanjian kerjasama kalau penang ini punya hubungan dengan kota medan dan adelaide di australia yaitu "the sister city", karna punya kesamaan gedung, budaya dan sosial yg sama. sampai di hotel kami langsung diberi kunci kamar letakkan barang dan bayar serta pajaknya 6% dari jumlah biaya kamar kami 2 malam yaitu 144MYR, bagi 3 jadi 48MYR/org untuk 2 malam sekaligus. eitss ternyata kami belum makan apapun dan dea,, muka udah pucat agak gak enak badan, apakah dia jetlag dgn perjalan yg secuil ini jaraknya dari medan ahahaha, jadi tuan hotel sangat ramah, oiya nama hostel just inn, dia menanyakan udah makan apa belum, kami serempak bilang BELUUMM, lalu saya mengusulkan makan di nasi kandar Beratur yang buka ampe tengah malam di sebelah masjid kapitan keling. kesanalah kami kembali naik uber karna jln 1 arah jadi agak jauh dan biaya uber kenak cuma 5,5MYR bagi 3 lagi 2MYR per org, antriannya lar biasah kami pesan nasi kandar itu mirip sama nasi campur dengan berbagai kuah kental khas india dan melayu, agak aneh dilidah kita karena bumbunya amat mencolok so far sama minum per org kami dikenakan biaya 18MYR bagi 3 jadi 6MYR/org. sudah kenyang dan dea hampir muntah, iya eneg, ahahaha pusing katanya untunglah dia bawa obat dr medan, dan kami pun plg ke hostel, saya kenyang naik uber lagi dr situ ke hostel cuma 3MYR bagi 3 jadi 1MYR/org. pulang bersih2 badan, cuci makan, gosok gigi, dan lelappp,,,, eits itu kalo di medan tapi disini sampai jam 3 pagi kami masi menggosip hiihii sampai kamar sebelah menggedor kamar kami sangking ributnya...

estimasi biaya hari rabu : 98MYR = 315rb rupiah

- beli simcard 30MYR
- uber dr bandara ke hostel 11MYR
- bayar hotel 2 mlm 48MYR
- uber dr hotel ke nasi kandar 2MYR
- makan malam 6MYR
- uber plg ke hotel 1MYR

bersambung ke postingan selanjutnya yah...

penang 2016, hanya 1,5 juta rupiah saja penang 2016, hanya 1,5 juta rupiah saja Reviewed by Ceritajalan.com on Agustus 08, 2017 Rating: 5