jogja oh jogja

setelah lelah keliling sekitar keraton adek yuva agak sempoyongan dan saya jugak, belilah minuman botol di sekitaran situ, dan mbah2 becak menawarkan jasa nya dan kami pun mau,, cm 10rb dia menawarkan ke 5 tempat, siang2 panas capek siapa juga yg nolak, yaudahlah, kami ga dengar kemana aja yg kami dengar itu ke museum kereta kencana doang ahahaha jadilah yaaa

4. museum kereta kencana masuknya sekitar 5rb/orang 2 org jadi 10rb. dikasi tiket teruss kita dibiarin jalan sendirian ama penjaganya terserah mau foto2 yg penting tidak sembarangan karna ada juga peringatan2 yg tertulis di dinding sekitar museum. so here we are...

5. ke masjid kauman, masjid bersejarah ini memang harus dikunjungi bagi yg beragama muslim, disinilah ahmad dahlan mengembangkan ajaran muhammadiyah,, oiya setelah dari museum kereta tadi menuju masjid ini sgt dekat jalan kaki pun bisa tapi krn becak si mbah td menawarkan tour yg tidak kami dengar ada tujuan kesini jadilah kami foto2 di becak ahahaha,, tidak ada tiket masuk disini.

bahagia sekali dek yuva yah puasa2,,,,

jalan menuju masjid

pintu masuk masjid, pekarangan nya luas

lorong masuk masjid

okehh uda puas siang2 panas2 dan lapar (saya aja)... maka kami pun memutuskan balik ke kost,, sebelumnya yuva yg baik hati mau menemani saya makan siang terlebih dahulu kawan,, ada di mi ayam pelangi 88 ( lupa moto nya) jl. tukangan jogja,, enak sih tapii yg ngelayanin lambaaattt kaliii,,, dan muka yg agak lupa senyum ahahaha murah seporsi cuma 12rb saya makan di tempat dan es jeruk kalo ga salah terus pesan 1 lagi buat buka puasa nya dek yuva ahaha,,, di sepanjang jalan pulang banyak sekali jajanan unik jogja kafe2 yg dibuat oleh anak2 kreatip jogja kayak yg saya datengin ini adalah warung kue cubit tapi buat penasaran dari luar, tempatnya okeh.. harga murah dan enak seporsi kue cubit 12rb juga

muka yg sengaja minta difoto kayak gitu,, ehehehe
uwes, udah, enough, cukup lelah dek yuva juga mau rehat persiapan buka puasa. malamnya abis buka kita makan malam di dekat kostan dia ada warung zuppa zup yg murahhh dan enak kalii,,, cuma 15rb, coba aj buka dimedan udah kesana tiap hari mungkin saya. dinner malam ini abis sekitar 30rb an.

di hari ke lima ini saya habis uang sekitar 200rb an.

24 september, kamis

biaya : day 6 Rp. 300rb an

yah hari kamis ini semua muslim udah merayakan hari raya idul adha dan semua orang dari pagi udah sibuk2, saya berencana jalan dengan adek saya yg cowok itu, mulai pagi saya mandi dan cuci pakaian dikit dari kostan yuva, dia mau pergi kerumah sodaranya jadi ga ikut sama saya, niatnya harini itu harus ke candi.

1. pukul 08.00 saya dijemput adik saya di kostan yuva kami pergi sarapan dekat situ makan apa yaa,, lupaaa ahahah,, terus ke taman sari yee,,, ga sengaja awalnya adik saya yg uda 2 tahun tinggal disana aj gatau jalan, dia buka google maps lagilagi naik motor pinjaman terus kita isi bensin dan sampai lah di pasar ngasem,, diawal loh koq ke pasar kita kan mau ke taman sari ahahah, tapi krn org jogja baik2 jadi kita ke sisi kanan pasar en nanya ke bapak2 dimana taman sari,,, eh eh eh ga tau nya dia guide wkwkwkwk jadinya udalah pake jasa dia aj sekalian nunjukin tempat dan saya juga bisa nanya2 lebih banyak tentang ini itu di tempat tersebut (jiwa kepo) keluar ahahaha..
itu tuh bapak yg jadi guide kami sebelum tau dia itu guide kami uda foto dluan di depan pintunya ahaha
tau kan ini dimana... iya masjid bawah air di dalam kompleks taman sari itu.

nah disini nih bakalan banyak foto2 neh.. padahal sama adek saya uda bnyk yg kehapus.. hadeuuhh carik naik sasak amak ya kan..
keluar dari pintu mesjid tua itu kami digiring sama bapak guide menuju taman sari yg tiket masuk nya cuma bayar 5rb/org.

oiya lupa menuju pintu masuk taman sari itu kami ngelewatin yg namanya kampung internet

sekitar jalan ini banyak sekali rumah penduduk yg bisa dijadiin workshop ngebatik atau melukis.

pintu terakhir dalam kompleks dan selesai kami pun dibawa bapak tersebut ke pintu paling depan taman sari, jadi intinya jalan ke taman sari ini adalah krn ketidaktauan terus gak malu bertanya akhirnya dapat guide yg kita bayar seikhlas hati, kami ini sebenarnya ke situs tsb lewat jalan belakang ibarat bertamu kerumah orang kami lewat pintu dapur, akhirnya barulah kami tau ternyata setelai selesai tur, baru nampak mana pintu depannya.

nah inilah dia pintu depan kompleks taman sari pas di depannya ada pasar ngasem dimana kami memarkirkan motor pinjaman itu ahahahahaha.

2.  pukul 11.00 ke keraton lihat grebeg gunungan, iaitu ritual yg biasa digelar setiap setahun sekali menjelang idul adha yg diarak dari kraton melewati alunalun utara masjid, lalu di di perebutkan oleh warga sekitar, konon katanya gunungan yg diperebutkan sapa yg mendapatkannya bisa mendapatkan berkah, so kesempatan ini pun datang kepada saya untuk melihat langsung biasanya cm liat di foto, krn persiapan ga matang, ga bawa payung dan topi jadilah hari itu panas yg luar biasa..

muka kepanasan, banyak wna yg dateng sama fotografer.

gunungan yg di kawal sama prajurit kerajaan.

ini adek saya kami ngadem saking panasnya waktu sudah masuk pukul 12 lewat dia ga sabar utk pergi cari makan.. huft

3. cari tempat makan kali ini pengen ke kafe yg the hits anak muda jogja rupanya dekat dr kost nya si yuva,, oalahh namanya the leaf,, menurut saya harga lumayan lah ya sama aj kayak kafe2 di medan, mungkin mereka bilang mahal krn dilihat dr kurs anak mahasiswa hehe,, tapi rasanya enaaakkk kali,,

ini dia menu yg kami pesan semua ga lebih dari 150rb dan worth it lah harga dan rasa, adem lagi.
karna waktu masih panjang dan adek saya curhat, kalo selama tinggal dijogja ga pernah pergi ke bioskop sekalipun apalagi selagi ada motor pinjaman maka saya pun jg tertantang utk ikut nonton di bioskop luar kota medan hehe,, krn hari libur tiket nonton di ambarukmo xxi jadi 50rb waktu itu. sayang foto2 kami disini hilang,,, hiks

4. akhirnya setelah nonton waktu sudah pukul 16.30 dan kami pun kejar2an ke candi prambanan
karna pukul 5 sore dia udah tutup jadi dengan maps kembali kawan, cari arah yg tepat ke candi dgn segera,,, pas jam 5 kurang 10 menit kami sampai dan bisa beli tiket harga 35rb/org dan kami jg kejar sunset di prambanan.

terbayar sudah kejar2an kami..

dari atas candi

bye prambanan,,, pengen kesitu lagiihhhh

akhirnya pulang sehabis magrib kelaparan lagi, kami makan ke warung zuppa zup dekat kost yuva dan habis sekitar 25rb dan pulang ke kost capek mandi dan tidur pulas,,

fyi : malam setelah beres2 mau tidur di kost yuva, jogja dilanda gempa,, yah agak jantungan sih cm krn sebentar terasa juga goncangan nya ,,, hmmmm

25 september 2015, jumat

gada agenda... leyeh-leyeh dan nyuci,,,, beres2 packing tas dan itung2 duit tinggal berapa lagi,,, akhirnya lupa belum beli tiket pulang dari bandung ke medan,,, langsung ke atm dan bayar krn seblm nya uda booking di www.traveloka.com via applikasi, jadi lebih mudah, atm dekat dr kost an yuva krn di dalam alfamart, ambil uang sekalian utk makan siang di warung ss (serba sambal) namanya ya ampuunnn murahnyaaaa lele penyet beserta sambal2nya kenak 20rb an doang oiya uda sama minum teh. luar biasa memang..

so estimasi biaya : day 7 Rp. 980rb

1. beli tiket pulang bandung medan Rp. 766rb
2. tiket kereta dr jogja ke bandung Rp. 165rb
3. makan siang with yuva 20rb dan jajan alfamart 30rb
4. istirahat mpe besoookkkk pagiii sabtu

26 september 2015 : day 8

berangkat pagiii ke stasiun kereta , kali ini kebandung kereta dari jogja itu gada yg ekonomi krn udah beli semalam tiketnya so dari kost ke stasiun tugu jogja diantar yuva,,,, thankyou yuva udah menjadi host yg baik sekali mau mengantar kakak kemana2 puasa pulak,,, izin numpang nginap haduuhh ntah lah gimana balas dendamnya...

1. sampai pukul 7.30 agi kereta berangkat pukul 8 pagi, jadi udah di dalam nunggu kereta tiba dari solo katanya,, jadi nunggu punya tunggu tibalah kereta tepat waktu dan sebelum para awak melayani penumpang ternyata pemndangan ini buat saya percaya indonesia itu maju.

sebelum berangkat para crew KA brriefing dulu.

yap, jogja bandung estimasi waktu tempuh itu 8 jam jadi kalo berangkat jam 8 pagi sampai di stasiun bandung mungkin jam 4 sorean lah,,, tidak lupa pamit sama adek ku dan telpon kembali utk minta dijeput di bandung sama adek sepupu ku cowok jg, di stasiun nanti. eh no seat saya pas sekali dengan cewek cewek yg berangkat dari solo dan mereka berdua baru dari liburan, wah mereka ramah mau bertanya duluan, tanya ini itu lama2 nyambung dan tukeran no hp, trus ada niat jg bakalan ke medan,, setelah tau mereka non muslim dan alumni bhs jepang dan bhs jerman saya semakin suka ngobrol dgn mereka dan akhirnya kita berfoto bertiga utk kenang2an, and they all twins each other huuuu koq bisa yaa,,, sepanjang perjalanan ketemu org baik semua,,, thanks god you guided me.

ini mereka adis dan lia.. cewek jawa. foto di dlm KA

sampai2 mereka menawarkan utk menawarkan saya mengantar sampai ke hotel... wuaahhh.....
bagaimana perjalanan saya di bandung,, yukk bersambung dlu yuk,,, hehe

jogja oh jogja jogja oh jogja Reviewed by Ceritajalan.com on Agustus 07, 2017 Rating: 5